Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Apa Pakai Masker Saja Efektif Tangkal Virus Corona?

Ilustrasi. (dok. SCMP)

Topcareer.id – Jika kamu tinggal di kota besar di tengah pandemi virus corona seperti sekarang, kemungkinan kamu akan selalu mengenakan masker saat di ruang umum dan waspada bila ada yang bersin dan batuk. Tetapi apakah memakai masker cukup melindungi dari virus corona?

Menurut Centre for Disease Control (CDC), masker medis dirancang untuk menghentikan penyebaran “tetesan virus” dari butiran cairan tubuh yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi berbicara, batuk, atau bersin. Tetesan ini dapat menempel ke permukaan mukosa saluran pernapasan atas orang-orang yang rentan yang berada di dekat sumber tetesan.

Para ahli di Public Health England mencari tahu lebih banyak tentang memakai masker dan apa efeknya. Sebagai tanggapan, mereka menunjuk ke sebuah studi yang mereka lakukan dan menemukan bahwa dasar bukti mengenai efektivitas masker wajah oleh masyarakat umum yang diamati cukup terbatas.

Baca juga: Pakai Masker Kain Cara Terbaik Tangkal Corona Saat Ini

Mengutip Bustle.com, Senin (6/4/2020), agar penggunaan masker lebih efektif dalam menangkal penyebaran virus corona, Dr. Richard Pebody, Kepala Flu di Public Health England, mengatakan bahwa selain menggunakan masker juga harus mempraktikkan kebersihan tangan yang baik.

Sejak paruh kedua Januari 2020, tidak mungkin untuk menjauh dari berita tentang COVID-19. Walaupun virus corona bukan flu, itu menyebabkan gejala seperti flu pada mereka yang telah mengidapnya. Jadi, akankah memakai masker bedah mencegah dari terkena virus corona?

Public Health Wales (PHW) menyampaikan hanya ada sedikit bukti bahwa ada manfaat bagi anggota masyarakat umum untuk mengenakan masker. Risiko untuk masyarakat umum dari terinfeksi COVID-19 tetap rendah selama mereka menggunakan masker sambil didukung kebiasaan menjaga kebersihan.

Terutama kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer jika sabun sulit ditemukan, dan tidak lupa untuk mereapkan kebiasaan menghindari menyentuh area wajah seperti mata,hidung, dan mulut menggunakan tangan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply