Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Pakai Masker Kain Cara Terbaik Tangkal Corona Saat Ini

Ilustrasi. (dok. The EconomicTimes)

Topcareer.id – Menggunakan masker sepertinya jadi salah satu usaha orang Indonesia untuk mencegah tertular virus corona COVID-19. Namun, hal itu juga yang membuat kelangkaan pada surgical mask (masker bedah) dan N95 yang seharusnya diperuntukkan tenaga medis karena lebih membutuhkan.

Nah, belakangan banyak anjuran untuk orang awam yang tidak sakit dan bukan tenaga medis, baiknya menggunakan masker kain atau masker home made. Penggunaan masker kain ini juga disarankan oleh influencer, Juru Bicara pemerintah, bahkan para ahli.

Dokter Tirta Mandira Hudhi, salah seorang influencer, dokter, dan juga pengusaha satu ini gencar melakukan gerakan sosial di tengah wabah pandemi virus corona. Selain melakukan gerakan donasi, ia juga gencar mengimbau masyarakat awam untuk menggunakan masker kain. Apalagi mengingat kelangkaan masker di kalangan tenaga medis.

Imbauan ini dia sampaikan usai melakukan rapat terbatas dengan staf khusus presiden, Adamas Belva Syah Devara. Dokter Tirta menyebut bahwa penelitian terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengatakan setiap orang wajib memakai masker.

Baca juga: Cara Belanja Aman dari Tertular Corona Menurut Ahli Kesehatan

“Sesuai saran dari Belva ternyata penggunaan masker kain itu dari jurnal dan paper terbaru bisa mengurangi penularan sampai 70 persen. So, buat teman-teman semua orang awam yang masih kerja bisa memakai masker kain untuk aktivitas sehari-harinya sehingga tidak perlu repot membeli masker medis yang dipakai sekali,” kata Dokter Tirta dalam Instagramnya @dr.tirta.

Sehingga masker medis, lanjut dia, bisa digunakan oleh orang-orang medis, tak ada lagi kelangkaan. Bahkan, ia menambahkan, beberapa bahan masker kain bisa mengurangi potensi penularan COVID-19.

“Masker juga kain bisa meningkatkan daya beli masyarakat ke brand lokal, dan meningkatkan vendor-vendor brand lokal.”

Baca juga: Cara Pakai Disinfektan yang Benar di Tempat Virus Corona Menempel

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto juga pernah menyampaikan imbauan akan penggunaan masker kain sebagai alternatif. Bagi orang sehat, masker kain bisa menjadi pilihan daripada tidak menggunakan masker sama sekali.

Mencegah menyentuh wajah

Masker kain dinilai berfungsi sebagai penahan droplet yang menjadi sumber penularan virus dari orang sakit ke orang sehat.

Ya, masker bedah dibuat dengan standar tertentu, tapi tidak ada pedoman resmi untuk memastikan kontrol kualitas ketika kamu membuat masker sendiri, menurut Peter Gulick, profesor kedokteran, College of Osteopathic Medicine, Universitas Negeri Michigan kepada CNBC Make It.

“Jika kamu mengenakan syal di sekitar wajah, atau masker homemade, maka ada kemungkinan bahwa sekresimu akan terkandung di dalamnya yang bertentangan dengan penyebaran ke lingkungan,” Angela Hewlett dari Infectious Diseases Society of America mengatakan kepada CNBC.

Menurut David Price, direktur perawatan kritis paru di Weill-Cornell Medical Center di New York City, mengenakan masker homemade jika kamu sehat juga bisa mencegahmu menyentuh wajah.

“Menggunakan masker homemade juga membebaskan masker medis yang lebih andal bagi penyedia layanan kesehatan,” kata Price. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan