Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Lockdown di Wuhan Dicabut Saat Dunia Masih Perang Lawan Corona

Penduduk kota Wuhan, China melindungi diri dari Virus corona. (dok. CNN)

Topcareer.id – Saat belahan dunia lain tengah berperang hebat melawan virus corona, pertempuran di China dinyatakan berakhir. Lockdown atau penutupan wilayah selama berbulan-bulan di kota Wuhan di Provinsi Hubei China, tempat pandemi virus corona dimulai, telah dicabut, Rabu (8/4/2020).

Dalam beberapa jam setelah pencabutan larangan itu, sekitar 65.000 orang telah meninggalkan kota dengan kereta api dan pesawat sendirian, menurut kantor berita Associated Press, mengutip laporan media setempat.

“Saya sangat senang, saya akan pulang hari ini,” kata pekerja migran Liu Xiaomin kepada kantor berita Reuters di dalam stasiun kereta api Hankou, Wuhan, menuju kota Xiangyang.

Baca juga: Lawan Corona, Bahkan Apple Bantu Produksi Pelindung Wajah Tenaga Medis

Dilaporkan BBC, siapapun yang memiliki kode “hijau” pada aplikasi kesehatan ponsel pintar yang banyak digunakan sekarang diizinkan untuk pergi, untuk pertama kalinya sejak 23 Januari. Hal ini terjadi setelah China melaporkan tidak ada kematian pada Selasa, pertama kalinya sejak mulai menerbitkan angka.

Operator kereta api nasional China memperkirakan bahwa lebih dari 55.000 orang akan meninggalkan Wuhan dengan kereta pada hari Rabu, menurut penyiar yang dikelola pemerintah.

Untuk menahan penyebaran di Wuhan, pihak berwenang memberlakukan pembatasan perjalanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan memerintahkan penutupan sebagian besar bisnis di kota metropolis yang ramai, yang merupakan rumah bagi 11 juta orang.

Baca juga: WHO Peringatkan Makin Banyak Pasien Usia Muda yang Sekarat karena Corona

Bulan lalu, ketika Wuhan melaporkan minggu penuh pertamanya tanpa infeksi baru, pusat perbelanjaan dibuka kembali. Beberapa orang di kompleks perumahan “bebas-epidemi” juga diizinkan meninggalkan rumah mereka selama dua jam.

Mulai Rabu, warga yang disetujui akan dapat menggunakan transportasi umum jika mereka juga memberikan kode QR untuk pemindaian. Kode ini unik untuk setiap orang dan tautan ke status kesehatan mereka yang dikonfirmasi.

Orang yang terlibat dalam membuat persediaan medis dan barang sehari-hari lainnya akan diizinkan untuk kembali bekerja. Industri lain yang memengaruhi rantai pasokan nasional atau global juga akan dapat dibuka kembali.

Awalnya, hanya mereka yang memiliki izin kesehatan yang diizinkan untuk pergi. Bahkan dengan layanan udara terbatas, 200 penerbangan dijadwalkan untuk berangkat dari Wuhan pada hari Rabu, membawa 10.000 penumpang.

Penghalang jalan dicabut

Media pemerintah China telah menunjukkan rekaman udara dengan hampir 100 kereta berkecepatan tinggi siap untuk berangkat dan penghalang jalan raya telah dicabut. Namun, beberapa batasan pada transportasi akan tetap berlaku, dan sekolah-sekolah masih ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Sejak wabah dimulai, lebih dari 3.300 orang telah meninggal di Cina dan 81.740 telah dikonfirmasi terinfeksi, menurut angka resmi. Komisi Kesehatan Nasional mengatakan memiliki 32 kasus baru yang dikonfirmasi pada Selasa (7/4/2020), turun dari 39 hari sebelumnya.

Menurut data John Hopkins University, hingga Rabu (8/4/2020), corona telah menginfeksi 1.431.900 orang dan mengakibatkan 82/172 kematian di seluruh dunia. Lima besar penderita terbanyak berada di luar China, yakni AS (399.929), Spanyol (141.942), Italia (135.586), Prancis (110.070) dan Jerman (107.663). *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply