Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 8, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Glenn Fredly dan Kenangan Mencipta Lagu `Januari`

Glenn Fredly. (dok. Liputan6)

Topcareer.id – Glenn Fredly yang meninggal dunia di usia 44 tahun Rabu (8/4/2020) kemarin, dikenang akan lagu-lagunya yang romantis. Salah satu yang mengangkat namanya ke puncak popularitas adalah lagu “Januari”.

Glenn masih ingat betul kapan dan di mana ia mendapat ilham untuk menulis lagu itu. “Waktu itu saya sedang di rumah petakan saya di kawasan Dapur Susu, Jakarta. Teman-teman sedang pergi. Lalu saya duduk di depan piano. Jari-jari saya mulai mengetuk-ngetuk tuts piano berulang-ulang dan saya menemukan intro. Akhirnya jadilah lagu ‘Januari’,” kata Glenn dikutip majalah Rolling Stone Indonesia edisi Februari 2014.

Majalah itu menempatkan Glenn di urutan ke-29 dalam daftar 100 Pencipta Lagu Terbaik. Majalah itu mencatat, ia “terampil menjaalin nada dengan lirik-lirik romansa yang romantis.”

Lagu “Januari” menjadi hit besar dan menjadi unggulan dari albumnya, Selamat Pagi Dunia (2003). Album solo ke-3 pria kelahiran 30 September 1975 itu juga banyak menghasilkan hits, seperti “Sekali Ini Saja” dan “Belum Saatnya (Berpisah)”.

Baca juga: Sakit Meningitis, Glenn Fredly Meninggal Dunia

Lagu patah hati

Hingga hari ini “Januari” masih akrab di telinga banyak orang. “Januari” jadi lagu “kebangsaan” bagi mereka yang tengah patah hati. Konon pula, lagu itu lahir setelah Glenn patah hati karena cintanya dengan Nola, personel B3 yang sebelumnya bernama AB Three, kandas.

Kala itu, Glenn dan Nola telah berpacaran delapan tahun lebih. Seorang teman dekat mengenang perasaan Glenn hancur karena putus waktu itu.

Namun, rasa duka perpisahan cinta itu memantik sisi kreatif Glenn lebih dalam. Ia menuturkan perasaan ditinggal kekasih menjadi lirik-lirik romansa yang menyayat hati.

Kamu tentu masih hapal sebagian liriknya:

Kasihku
Sampai disini kisah kita
Jangan tangisi keadaannya
Bukan karena kita berbeda

Dengarkan
Dengarkan lagu…..lagu ini
Melodi rintihan hati ini
Kisah kita berakhir di Januari
Selamat tinggal kisah sejatiku
Wow….pergilah

Sejak awal dekade 2000-an itu pula Glenn Fredly kian punya banyak penggemar. Ia tak hanya mencatatkan diri sebagai musisi yang menyanyikan lagu-lagu yang menyuarakan kegalauan cinta banyak orang, namun juga seorang pencipta lagu jempolan. Ia banyak menulis lagu untuk penyanyi lain, mulai dari Joy Tobing, Pasto hingga Fariz RM. * Dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply