Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Tetap Aktif secara Fisik Walau sedang Karantina

Dok. Yoga Journal

Topcareer.id – Ketika kasus Covid-19 baru terus bermunculan, semakin banyak orang sehat yang diminta untuk tinggal di rumah dan melakukan karantina mandiri.

Tempat-tempat pusat kebugaran juga banyak yang ditutup sementara. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi yang ingin tetap aktif secara fisik.

Perilaku menetap dan tingkat aktivitas fisik yang rendah memiliki efek negatif pada kesehatan dan kualitas hidup individu. Kesehatan yang menurun juga membuat tubuh jadi rentan terjangkit virus corona.

Baca juga: Tips Investasi Diri di Masa Karantina Pandemi Covid-19

Mengutip euro.who.int, Selasa (7/4/2020), WHO merekomendasikan 150 menit intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas tinggi per minggu, atau kombinasi keduanya.

Rekomendasi ini masih dapat dicapai bahkan di rumah, tanpa peralatan khusus dan dengan ruang terbatas. Berikut beberapa di antaranya:

Ikuti kelas latihan online
Manfaatkan kekayaan kelas olahraga online. Banyak di antaranya gratis dan dapat ditemukan di YouTube. Ingat, jika kamu tak memiliki pengalaman melakukan latihan ini, berhati-hatilah dan sadari keterbatasan diri.

Berjalan
Bahkan di ruang kecil, berjalan di sekitar atau berjalan di tempat, dapat membantu tubuhmu tetap aktif. Jika kamu dipanggil, berdirilah atau dan berjalan mendatangi panggilan daripada hanya duduk.

Jika kamu memutuskan pergi keluar untuk berjalan atau berolahraga, pastikan menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain dan selalu gunakan masker.

Berdiri
Kurangi waktu santai dengan berdiri. Idealnya, ini bertujuan untuk menginterupsi waktu duduk dan berbaring setiap 30 menit.

Pertimbangkan menyiapkan meja berdiri dengan menggunakan meja tinggi atau menumpuk tumpukan buku atau bahan lain, agar bisa sesekali bekerja sambil berdiri.

Baca juga: 6 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Selama Karantina Wabah Corona

Bersantai
Meditasi dan teknik pernapasan dapat membantumu tetap tenang. Duduklah dengan nyaman di lantai dengan kaki bersilang (atau duduk di kursi). Pastikan punggung lurus. Tutup mata, rilekskan tubuh dan mulailah perdalam pernapasan kamu.

Berkonsentrasilah pada napas kamu, cobalah untuk tidak fokus pada pikiran atau masalah apa pun. Tetap dalam posisi ini selama 5-10 menit atau lebih, untuk bersantai dan menjernihkan pikiran.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan