Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Profesional

Gambaran Sulitnya jadi Sutradara Menurut Joko Anwar

Sumber foto: Instagram.com/Jokoanwar

Topcareer.id – Belakangan banyak anak muda yang tertarik untuk terjun menjadi sutradara film. Padahal, meski terdengar mentereng, profesi ini bukanlah sesuatu yang mudah dikerjakan.

Sutradara film Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar mengingatkan, seorang sutradara dituntut mampu memiliki skill berpikir kreatif serta jiwa leadership yang kuat.

Hal tu diungkapkannya ketika menjadi bintang tamu bersama sutradara Sammaria Simanjuntak di program Pekan #Kreatifdisaatsulit, yang dilakukan melalui video conference dan disiarkan lewat akun Instagram @mblocspace, Minggu (5/4/2020).

Baca juga: Terus Berkarier di Atas Usia 70, dari Kiper, Petinju hingga Sutradara

“Bayangin, dari mulai persiapan sampai syuting, lo harus menjadi nahkoda dari puluhan bahkan ratusan kru, dan setiap kepala itu punya pikiran masing-masing, dan lo harus membuat mereka satu visi untuk bisa mencapai satu tujuan yang sama, jadi leadershipnya harus luar biasa,”

“Belum lagi, nanti ada banyak masalah ketika syuting. Mulai dari budget, cuaca, ada pemain yang tidak available karena sakit, ada tiba-tiba lokasi yang dilarang untuk syuting, dan itu harus diselesaikan secara kreatif, solusi kreatif-nya harus datang dari sutradara,” ujar Joko.

Mengenai #KreatifdiSaatSulit M Bloc Space

Melalui program #KreatifdiSaatSulit, M Bloc Space berkolaborasi dengan para kreator, seniman, wirausahawan, serta pelaku kreatif lainnya melalui talkshow dan konser musik yang bisa disaksikan di rumah melalui media sosial seperti Instagram dan YouTube.

Inisiatif ini diambil sebagai pesan optimisme di masa yang penuh tantangan akibat pandemi Covid-19.

Melalui program ini, M Bloc Space juga mengadakan penggalangan dana untuk membantu tim medis yang bekerja di garda terdepan pemberantasan wabah Covid-19.

Sebagian dana yang didapat juga akan dipakai untuk membantu menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari bagi para pekerja harian di bidang musik seperti kru band, kru panggung, dan kru acara yang mengalami berbagai pembatalan acara akibat wabah Covid-19.

Bagi yang ingin turut berdonasi, kamu bisa melakukannya via link kitabisa.com/kreatifdisaatsulit.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply