Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ribuan Hotel di Indonesia Tutup Akibat Pandemi Corona

Sumber foto: Industry.co.id

Topcareer.id – Pandemi virus corona yang semakin meluas membuat ribuan hotel di Indonesia terpaksa tutup.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani melaporkan, sejauh ini setidaknya sudah ada 1.266 hotel yang telah tutup sementara.

“Kalau yang real pasti lebih banyak karena kita berdasarkan laporan. Kalau tidak lapor kita tidak tahu,” kata Hariyadi seperti dikutip dari Antara, Selasa (7/4/2020).

Penutupan 1.266 hotel dikabarkan telah memberikan dampak besar. Ada sekitar 150 ribu karyawan hotel yang diperkirakan terdampak oleh masalah tersebut.

Hariyadi mengungkapkan, pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah terkait masalah ini. Namun, koordinasi dan penyelesaian masih terasa sulit dilakukan.

“Kalau masalahnya adalah ekonominya berhenti kan tidak bisa diapa-apain. Otomatis semua tidak sanggup karena tidak ada cashflow,”

Baca juga: Di Jogja, Hotel Hingga Asrama Haji Jadi Tempat Karantina Pasien COVID-19

Hariyadi khawatir, akibat tidak adanya pemasukan akibat hotel tutup, hotel tidak akan mampu membayar gaji, termasuk Tunjangan Hari Raya (THR).

“Perusahaan kan ditopang cashflow. Sekarang tidak ada. Sekarang yang jadi masalah besar adalah kelangsungan karyawan. Kalau perusahaan tidak ada income, kita enggak bisa bayar gaji karyawan. Nanti THR juga tidak bisa,” katanya.

Dari 1.266 hotel yang ditutup, beberapa diantaranya telah meminta karyawan untuk cuti di luar tanggung jawab perusahaan karena tidak mampu membayar mereka.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan