Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Meteorit Fukang, Berusia 4,5 Miliar Tahun dan Harganya Jutaan US Dollar

Topcareer.id – Benda-benda angkasa yang menabrak permukaan atmosfer Bumi biasanya akan terbakar habis sebelum benar-benar mendarat di Bumi.

Namun, meteorit yang belakangan diberi nama Fukang berhasil menembus lapisan atmosfer Bumi dan menjadi salah satu meteorit terbesar di abad ke-21. Benda ini ditemukan di pegunungan dekat Fukang, China pada 2000 silam.

Di dalam batu meteorit Fukang, ada material kristal emas tembus pandang dari mineral yang disebut olivin. Mineral itu tampak berkilau menghiasi bentuk meteorit yang mirip seperti sarang lebah.

Laboratorium Meteorit Barat Daya Arizona, yang menyimpan sekitar 30 kg meteorit Fukang, mengatakan bahwa spesimen Fukang mengungguli semua contoh lain yang diketahui dari kelas pallasite.

Meteorit Fukang terdiri dari sekitar 50% olivin (peridot), 50% nikel-besi dan 100% keindahan yang memukau. Para ahli laboratorium Arizona mengatakan bahwa pallasites ini merupakan harta yang mengagumkan dan dianggap sebagai relic pembentuk planet.

Mereka diyakini berasal dari meteor utuh yang jatuh selama proses pembentukan tata surya sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Karena keindahan yang spektakuler ini, banyak kolektor berburu meteorit Fukang. Potongan terbesar dari meteorit ini beratnya 419,5 kg dan konon dimiliki seorang atau sekelompok kolektor yang tak diketahui.

Harganya diperkirakan mencapai USD 1.8 Juta atau sekitar Rp 28,5 miliar.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply