Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Masalah Kesehatan Serius dan Tanda-tandanya yang Wajib Kamu Kenali

Ilustrasi. (dok. Lifeline24)

Topcareer.id – Masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, diabetes, pengapuran tulang, gangguan saraf, atau paru-paru gejalanya hadir tanpa disadari. Terkadang kita anggap sepele dan sakit biasa. Padahal bisa jadi ada masalah kesehatan serius yang mengintai kamu.

Seiring usia yang bertambah semakin banyak keluhan kesehatan bakal kamu temui. Jangan anggap remeh. Siapa tahu kamu mengidap penyakit serius. Oleh karena itu, mengetahui gejala awalnya sangat penting.

Berikut ini beberapa penyakit dan gejala awal yang harus kamu waspadai, disarikan dari berbagai sumber.

Baca juga: Cek Lingkar Pinggang! Orang Buncit Berisiko Kena Serangan Jantung

Pengapuran atau pengeroposan tulang
Penyakit ini biasanya ditandai dengan nyeri di bagian sendi atau lutut. Senam yang teratur, terutama buat yang berusia lanjut, dapat mengurangi keluhan ini.

Masalah paru-paru
Bisa bronkhitis atau infeksi paru lainnya. Biasanya ditandai dengan sesak nafas dan batuk berkepanjangan. Bagi perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut.

Masalah pada jantung
Gejalanya beragam, misalnya nyeri seperti tertusuk atau tertindih di bagian dada kiri sampai punggung dan lengan kiri selama beberapa menit. Untuk menghindarinya, berolahragalah secara teratur dan megubah gaya hidup dengan pola hidup sehat.

Baca juga: Ini Efek Samping Minuman Berenergi bagi Jantung Kamu

Diabetes melitus
Penyakit diabetes tak bisa disembuhkan. Dan akan berbahaya karena memicu penyakit lain menjadikannya komplikasi. Gejala awal terserang diabetes adalah sering buang air kecil, terutama di malam hari, sering merasakan haus. Dengan pemeriksaan laboratorium diketahui kadar gula darah meningkat. Untuk mengendalikannya dapat menurunkan kadar gula darah dengan menerapkan pola makan sehat dan berkonsultasi ke dokter.

Gangguan saraf
Salah satu gejalanya adalah kesemutan di kaki dan tangan. Untuk menguranginya bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B1, B6 dan B12.

Untuk memastikan penyakit yang diderita sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Lakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengecek darah di laboratorium secara berkala. * Dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan