Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Mei 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Cara Gelar Upacara Wisuda Saat Pandemi Corona

Wisuda sarjana dengan robot di Jepang. (dok. bbt.ac)

Topcareer.id – Sementara seluruh dunia berjuang tidak hanya melawan virus corona, tetapi juga mencari cara untuk melanjutkan kehidupan sehari-hari mereka, Jepang tampaknya berada selangkah di depan.

Disaat Korea Selatan menunjukkan upaya brilian untuk menjaga orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di rumah dengan mengirimkan paket-paket penting, Jepang memecahkan masalah bagaimana membuat acara publik seperti wisuda kelulusan kuliah bebas risiko.

Dikutip dari Boredpanda.com, Business Breakthrough University (BBT) Jepang menemukan cara untuk melanjutkan kehidupan universitas tidak hanya dengan kurikulum mereka yang memindahkan sebagian besar kelas ke platform online.

Baca juga: 13 Pekerja Migran yang Bekerja di Singapura Raih Gelar Sarjana

Mereka juga melakukan langkah hebat dengan mengadakan upacara wisuda pada tanggal 28 Maret lalu di Hotel Grand Palace, Tokyo dengan cara yang memungkinkan siswa mereka untuk berpartisipasi tanpa harus hadir berkumpul yang berisiko terkena virus corona.

Mereka memiliki empat lulusan dari dua departemen yang mengoperasikan robot “newme” dari jarak jauh untuk menerima sertifikat mereka. Robot yang dikembangkan oleh ANA Holdings masing-masing memiliki layar tampilan yang menunjukkan wajah siswa yang mengoperasikannya dan lengan yang memungkinkan mereka untuk menerima sertifikat atas nama lulusan. Robot-robot ini juga mengenakan gaun kelulusan untuk membuat acara wisuda lebih terasa nyata

Mahasiswa lulusan lainnya berpartisipasi dalam upacara wisuda online melalui Zoom, di mana mereka dapat mengirim komentar dan berpartisipasi dalam upacara secara langsung.

Baca juga: Bukan Cuma Pengacara, Ini Pilihan Karier buat Gelar Sarjana Hukum

Bisa jadi Jepang akan menjadi salah satu negara terkemuka dalam mengelola krisis seperti pandemi virus corona. Bagaimanapun, mereka dikenal di seluruh dunia untuk manajemen krisis mereka.

Sebagai negara yang kerap dirusak oleh banyak bencana alam dari berbagai jenis, Jepang telah beradaptasi dengan cepat untuk belajar dari setiap krisis dan selalu siap bertindak cepat, mengikuti instruksi pemerintah, dan menyesuaikan gaya hidup mereka jika diperlukan.

Penyebaran virus corona sekali lagi membuktikan kualitas mereka sangat bermanfaat, terutama untuk masalah mengurangi kerumunan orang, seperti acara wisuda. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan