Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, April 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Lebih Produktif Kerja di Waktu Ini? Mungkin Kamu Psikopat

Ilustrasi: Career Addict

Topcareer.id – Ada yang otaknya seakan cemerlang di jam-jam malam atau malah saat pagi hari (si morning person). Kamu yang mana? Kalau kamu si burung hantu alias aktif malam hari, menurut studi kamu mungkin seorang psikopat.

Menurut penelitian baru, psikopat atau bahkan orang-orang dengan sifat-sifat gelap, individu dan mereka yang terhormat (seringnya mereka sangat sukses dalam pekerjaan mereka) cenderung produktif bekerja sebagai ‘burung hantu malam.’

Ciri-ciri kepribadian gelap telah didefinisikan sebagai egoisme, narsisme, dan menjaga hak-haknya, serta menempatkan ambisi mereka di atas segala hal lain. Tetapi ada sesuatu yang dikenal sebagai Dark Triad, yang merujuk pada tiga ciri kepribadian yang berbeda dan sangat gelap: narsisme, Machiavellianisme, dan psikopat.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Vitamin B Pengenyah Stres

Sebuah tim peneliti dari Sydney dan Liverpool melihat apakah orang-orang dengan sifat-sifat gelap ini memiliki hubungan dengan orang-orang yang merasa mereka tampil pada tingkat terbaik mereka dan merasakan yang terbaik selama jam malam.

Untuk melakukan ini, para ilmuwan melihat kronotipe dari 263 peserta. Kronotipe mengacu pada “jam internal” manusia, kapan seseorang paling mengantuk atau kapan paling berenergi

Setelah menilai kronotipe subjek, para peneliti menemukan bahwa kronotipe yang disukai ‘orang malam’ semuanya berperingkat lebih tinggi dalam narsisme, Machiavellianisme, dan psikopat dibandingkan subjek yang memiliki kronotipe pagi.

Beberapa orang yang dites positif untuk psikopat juga bisa sangat sukses dan fungsional. Menurut Jon Ronson, penulis The Psychopath Test: A Journey Through the Madness Industry, sementara hanya 1% dari populasi adalah psikopat, 4% dari pemimpin bisnis dan CEO adalah psikopat.

“Orang-orang yang tinggi dalam psikopati memiliki impuls ‘gelap’, tetapi beberapa dari individu-individu ini dapat menghambat mereka atau menemukan jalan keluar yang dapat diterima secara sosial untuk mereka,” tulis David Chester, Ph.D., asisten profesor di Departemen Psikologi, di sebuah studi yang ditulisnya bersama.

Cari tahu lebih banyak di halaman berikutnya>>

Tinggalkan Balasan