Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Tips Harmonis untuk Pasangan yang Kerja dari Rumah (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Elite Daily)

Topcareer.id – Bagi pasangan yang sama-sama work form home atau kerja dari rumah di masa pandemi virus corona, mungkin seperti tantangan tersendiri untuk “tetap tenang” selama bekerja dan menjaga hubungan.

Menurut Niro Feliciano, seorang psikoterapis kognitif yang berbasis di Wilton, Connecticut, cara bekerja yang baru ini berpotensi memicu ketegangan dalam hubungan.

“Saya pikir orang harus menemukan kembali, atau setidaknya kreatif tentang bagaimana mereka terhubung dan menghabiskan waktu bersama. Karena banyak pasangan suka pergi keluar atau bertemu dengan teman-teman lain dan pasangan lain, dan sekarang akan banyak waktu bersama,” kata Feliciano dalam laman Today.

Berikut beberapa tips yang bisa ditiru agar hubungan bisa tetap harmonis meski sama-sama bekerja dari rumah.

Bagian pertama dari tulisan.

1. Batasi percakapan soal Covid-19

Feiciano menjelaskan, meskipun penting untuk tetap mendapat informasi dan mengikuti perkembangan berita terbaru, kamu dan pasangan harus membatasi jumlah waktu yang kamu habiskan untuk terpapar pada informasi terkait pandemi dan membahasnya berdua.

“Karena terlalu banyak fokus pada pandemi hanya akan membuat lebih banyak stres,” kata Feliciano.

2. Jangan abaikan kekhawatiran pasangan

Dalam sebagian besar hubungan, ada pasangan yang selalu khawatir dan ada juga yang sebaliknya.

Menurut Stacy Hubbard, terapis pernikahan dan keluarga bersertifikat Gottman Institute yang berbasis di Ashland, Oregon, mereka yang tidak khawatir memiliki kecenderungan untuk mengabaikan kekhawatiran pasangan mereka, yang dapat menyebabkan konflik.

Jadi jika pasangan cemas, penting untuk mendengarkan mereka. “Mereka hanya perlu didengar dan divalidasi,” kata dia.

3. Komunikasikan kebutuhanmu secara teratur

Baik Feliciano dan Hubbard mengatakan bahwa cara terbaik untuk menciptakan lingkungan ”kerja dari rumah’ yang damai dengan pasangan, adalah berkomunikasi secara teratur.

“Sekarang adalah waktunya untuk melatih keterampilan komunikasi hubunganmu. Jangan berharap pasangan menjadi pembaca pikiran,” ucap Krystal Craiker, seorang penulis lepas yang menikah sejak 2017, dan telah bekerja dari rumah bersama suaminya, Michael Dunn, seorang guru dan pendidik online.

4. Buat check-in harian

Hubbard mengatakan ini merupakan cara terbaik untuk memastikan komunikasi reguler dengan pasangan.

Laporan ini harus digunakan untuk membahas apa yang masing-masing dirasakan, dan apa yang tidak baik untuk perasaan masing-masing ketika kerja dari rumah, dan apa yang kalian hargai tentang satu sama lain.

5. Tetapkan harapan dan batasan

Untuk menghindari konflik, pasangan harus berupaya menetapkan batasan dan harapan. Mulai dari siapa yang akan berada di ruangan mana, dan kapan. Kalian juga harus tahu kapan waktunya tidak saling mengganggu. “Pasangan perlu menetapkan batasan,” jelas Hubbard.

6. Bangun rutin bersama

Ketika kamu bekerja dari rumah secara teratur, penting untuk memiliki rutinitas.

“Saya merasa bahwa rasa normal dan rutinitas sangat penting,” kata Cotter, yang bekerja secara jarak jauh sebagai penulis perjalanan selama beberapa tahun, sebelum akhirnya mengambil pekerjaan kantor penuh waktu.

Editor: Feby Ferdian

Tinggalkan Balasan