Topcareer.id – Kenyamanan kerja dari rumah jadi hal yang kini dicari demi produktivitas kerja di tengah pandemi corona. Pastikan ruang kerjamu tidak membuat sakit leher, mati rasa di pergelangan tangan atau efek samping lain dari area kerja yang dirancang dengan buruk.
“Workstation milikmu harus pas denganmu seperti kemeja yang dirancang khusus,” kata ergonomist University of California David Rempel kepada Business Insider. “Jika saya datang ke ruang kerjamu dan dirimu enam inci lebih tinggi dari saya, itu tidak cocok untuk saya.”
Ergonomi, studi tentang bagaimana ruang kerja memengaruhi pekerjaan kita, tidak disertakan dalam banyak percakapan di tempat kerja. Untuk menciptakan kenyamanan kerja, berikut adalah panduan cepat untuk mengatur meja kerja untuk kesehatan dan produktivitas yang optimal, dikutip dari Business Insider.
Baca juga: Lima Macam Gangguan Saat Kerja dari Rumah
1. Berhenti membungkuk di atas meja
Membungkuk sepanjang hari akan menyebabkan ketegangan dan leher yang lebih rendah, membuatmu lebih mungkin terluka. Pekerja cenderung membungkuk karena mereka tidak dapat melihat karakter di monitor komputer mereka dengan baik.
2. Permudah membaca teks di layar
Bahkan jika kamu memiliki monitor layar lebar, kamu bisa tetap membuat matamu lelah. Untuk mengetahui apakah teksnya cukup besar, angkat uang dolar ke layar. Teks harus setidaknya sebesar nomor seri, sekitar 3,5 mm.
3. Jangan pakai pada telepon meja
Minta perusahaan untuk memberimu headset. Ini jauh lebih baik untuk leher dan bahumu.
4. Sesuaikan kursi sehingga memiliki tekanan di bagian belakang
Jika kursinya terlalu rendah, kamu akan menekan bagian belakang pantat. Jika terlalu tinggi, kamu menekan bagian depan kursi. Dan kakimu harus dengan mudah menyentuh lantai.
5. Gunakan keyboard yang tipis dan rata
Semakin tebal keyboard, semakin banyak pergelangan tanganmu mengarah ke belakang, yang dapat menyebabkan nyeri siku dan pergelangan tangan.
Tips selanjutnya di halaman berikutnya>>