Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Trik Usir Malas saat Belajar di Rumah (Bagian 2)

Sumber foto: cloudinary.com

Topcareer.id – Lockdown yang dilakukan pemerintah demi menekan jumlah korban Covid-19 akibat virus corona telah memaksa banyak perusahaan hingga sekolahan dan perguruan tinggi untuk menerapkan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah.

Bagi para pekerja, mungkin sudah tidak asing menghadapi segala tantangan work from home, namun bagaimana dengan para pelajar dan mahasiswa? Di usia mereka, tentunya bermain atau bersosialisasi dan bermalas-malasan masih menjadi prioritas.

Dikutip dari inspiringtips.com, Selasa (14/4/2020), berikut beberapa cara agar terhindar dari rasa malas dan tetap termotivasi untuk belajar.

Bagian akhir dari tulisan.

Hapus semua gangguan
Mengalihkan perhatian saat belajar akan membuatmu lebih malas. Lebih baik kamu menyingkirkan semua gangguan seperti mematikan TV atau koneksi internet. Kamu juga bisa meminta teman sekamar atau anggota keluarga untuk memberimu privasi saat waktu belajar.

Temukan motivasi
Menemukan motivasi akan membantumu berkonsentrasi dan memikirkan manfaat setelah belajar. Seperti lulus ujian dengan nilai tinggi, mendapat pengakuan dari guru atau dosen, atau semakin disayang orang tua. Dengan cara ini, kamu dapat belajar secara efektif karena sudah memiliki keinginan untuk mencapai sesuatu.

Lakukan tugas yang lebih mudah dulu
Kamu akan kewalahan dengan tugas pelajaran yang lebih sulit. Santai saja. Jangan terlalu menekan diri sendiri karena bisa menambah kemalasan. Atasi dengan mengerjakan tugas yang lebih mudah dulu. Setelah selesai, kamu akan memiliki kepercayaan diri untuk beralih ke pelajaran yang lebih sulit.

Disiplinkan diri
Kunci untuk mengalahkan kemalasan adalah mendisiplinkan diri sendiri. Untuk mencapai sesuatu dengan sukses, kamu harus menghentikan kebiasaan atau perilaku tertentu yang mengganggu fokus belajar. Jika kamu mudah terganggu dengan gadget, simpanlah itu saat belajar. Jadikan ini kebiasaan sehingga pada saat kamu harus belajar lagi, kamu akan terbiasa.

Hadiahi dirimu sendiri
Mengatasi kemalasan belajar benar-benar sebuah perjuangan, jadi setiap kali kamu berhasil melakukannya, berilah imbalan bagi diri kamu sendiri, entah itu cokelat atau es krim favorit kamu. Ini akan membantu kamu membangun pola pikir bahwa usaha kamu menghasilkan sesuatu yang positif.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan