Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Solusi Efektif Kecilkan Perut Buncit

Ilustrasi. (dok.Mic)

Topcareer.id – Untuk mengecilkan perut buncit, kita perlu memperhatikan asas keseimbangan, yakni menyeimbangkan kalori masuk dengan energi yang keluar. Artinya, konsumsi makanan harus seimbang dengan aktivitas.

Jumlah konsumsi makanan yang banyak dengan aktivitas yang minim menyebabkan berat badan meningkat dan perut membuncit.

Solusi paling efektif adalah berolahraga dan menjalani pola hidup aktif. Olahraga yang dimaksuf bukan sekadar untuk mengkonstraksikan otot perut, namun olahraga secara menyeluruh, yakni menurunkan berat badan. Sebab, pengurangan lemak di perut tidak terlepas dari pengurangan lemak di seluruh tubuh.

Baca juga: Anak Kecanduan Main Game di HP, Ini Cara Atasinya

Olahraga apa?

Olahraga yang efektif adalah olahraga kardio sperti jogging, renang, bersepeda, zumba dan senam aerobik. Olahraga ini terbukti efektif karena frekuensi dan intensitasnya yang bersifat sedang.

Selain itu perlu diimbangi pula dengan olahraga kekuatan otot perut, seperti crunch, plank, sit up dan memodifikasi gerakan tersebut dengan bola yoga.

Penting juga untuk memperhatikan frekuensi dan durasi olahraga. Berolahraga kardio bisa dilakukan setiap hari dengan durasi 150-300 menit per minggu. Sedangkan olahraga kekuatan otot cukup dilakukan dau atau tiga kali seminggu deng an 2-3 set, masing-masing set terdiri atas 10-15 repitisi.

Terakhir, cara efektif mengecilkan perut buncit adalah menjalani pola hidup aktif atau mengurangi jumlah waktu bersikap duduk diam (sedentary). Banyak diam adalah salah satu faktor penyumbang obesitas, terutama obesitas sentral. Duduk terlalu lama dapat memudahkan penumpukan lemak di perut. Itu terjadi lantaran tidak adanya konstraksi otot.

Ingin bebas dari perut buncit? Segeralah bergerak.* Dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply