TopCareerID

Panduan Memilih Tanaman Hias untuk Temani Kerja di Rumah

Ilustrasi. (dok. Bloomberg)

Topcareer.id – Salah satu manfaat bekerja dari rumah adalah, kamu bisa mendesain ruang kantormu yang bisa menginspirasi dan memotivasi sesuai keinginan dirimu. Salah satu cara terbaik dan mudah menciptakan lingkungan sehat dan produktif adalah dengan tanaman hias.

Banyak manfaat yang dijabarkan jika memiliki tanaman hias di ruang kerja, sekalipun itu di rumah saja. Tapi, sebelum itu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memiliki tanaman hias untuk ruangan.

Berikut saran yang bisa dipertimbangkan, seperti dalam laman The Balance Career.

1. Ruang

Seperti manusia, tanaman membutuhkan aliran udara yang baik. Dirimu tidak ingin meletakkan tanaman di belakang atau di antara furnitur atau dinding, kan? Itu harus di lokasi yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika ruang kerjamu sempit, biarkan pintu terbuka sesekali agar tanaman dapat menghirup udara.

Baca juga: Rahasia Selalu Bahagia Saat Bekerja: Tanaman Hias

2. Cahaya

Tanaman bervariasi pada kebutuhan pencahayaan mereka. Jika ruang kantormu berada di ruangan tanpa jendela atau cahaya alami, kamu perlu memilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak cahaya untuk berkembang. Jika kamu memiliki pencahayaan yang baik, berhati-hatilah di mana kamu menempatkan tanaman yang tidak suka sinar matahari langsung.

3. Kebutuhan perawatan

 Jika kamu tidak pernah merawat tanaman, pertimbangkan tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Beberapa tanaman tumbuh subur dengan penyiraman minimal. Yang lain membutuhkan perawatan rutin termasuk pemangkasan, penanaman kembali ke pot yang lebih besar, dan pemantauan tingkat air secara hati-hati.

Baca halaman berikutnya untuk tahu lebih jauh>>

Tanaman baik untuk ruang kerja di rumah

Ada banyak pilihan bagus untuk tanaman kantor, tanaman yang tercantum di bawah ini sering dikutip dalam penelitian sebagai tanaman yang optimal untuk membersihkan udara dan menawarkan manfaat kesehatan lainnya.

– Lili paris (Chrolophytum comosum): Tanaman bergaris hijau dan putih ini dapat ditanam di pot gantung atau diletakkan di rak tinggi sehingga ideal untuk ruang kecil. Tidak perlu banyak sinar matahari dan dapat bertahan hidup dengan penyiraman yang jarang.

– Lidah mertua (Sansevieria trifasciata): Mirip dengan tanaman laba-laba, tanaman ini cukup sehat untuk bertahan hidup di banyak lingkungan, atau jika pemiliknya sering lupa menyiraminya.

Baca juga: Tanaman Ini Bisa Meningkatkan Produktivitas Kamu di Kantor

– Philodendron (sering dikenal dengan sirih-sirihan): Tanaman hijau subur ini memiliki varietas tanaman merambat dan tidak memanjat. Ini ideal untuk orang yang tidak pernah merawat tanaman karena sangat hangat. Ia menyukai sinar matahari yang tidak langsung, jadi yang terbaik adalah di ruangan yang memiliki jendela dan cahaya alami.

– Peace Lily (Spathiphyllum): Bunga lili perdamaian memiliki bunga putih yang cantik. Jika ruang kerjamu kekurangan cahaya alami, bunga teratai mungkin cocok untukmu karena suka tempat berteduh.

– Pakis (Nephrolepis exaltata bostoniensis): Pakis adalah tanaman rumah dan kantor yang umum. Namun, membutuhkan perawatan rutin. Itu tidak bertahan dengan baik dalam panas atau kering. Mereka menyukai kelembapan sehingga pastikan bahwa tanahnya lembab.

– Tanaman Udara (Tillandsia): Tanaman udara dapat ditampilkan dalam berbagai cara seperti di atas batu atau kayu apung, di toples kaca yang cantik, atau di mana pun pikiran kreatifmu dapat memikirkan. Mereka kecil, menjadikannya ideal untuk kantor yang memiliki ruang terbatas. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version