Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

4 Jalan di Belanda yang Memakai Nama R.A Kartini

Sumber foto: Okezone

Topcareer.id – Pahlawan emansipasi wanita asal Tanah Air, R.A. Kartini, rupanya tak hanya harum di Indonesia, namun juga di Belanda.

Pemerintah Belanda diketahui memberi penghargaan atas perjuangan dan prestasi R.A. Kartini semasa hidupnya dengan mengabadikan namanya sebagai nama jalan di beberapa wilayahnya.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa wilayah di Belanda yang menggunakan nama R.A. Kartini sebagai nama jalan di sana.

Utrecht
Di Utrecht, Jalan R.A. Kartini atau Kartinistraat merupakan salah satu jalan utama. Jalan tersebut berbentuk ‘U’ dengan ukuran yang lebih besar dibanding jalan-jalan dengan nama tokoh perjuangan lainnya seperti Augusto Sandino, Steve Biko, Che Guevara, dan Agostinho Neto.

Venlo
Terletak di Belanda Selatan, R.A. Kartinistraat berbentuk ‘O’ di kawasan Hagerhof. Di sekitarnya, terdapat juga jalan dengan nama Anne Frank dan Mathilde Wibaut.

Amsterdam
Untuk wilayah Amsterdam Zuidoost, atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, jalan Raden Adjeng Kartini ditulis lengkap. Di sekitarnya, terdapat nama-nama wanita dari seluruh dunia yang punya kontribusi dalam sejarah seperti Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, dan Isabella Richards.

Haarlem
Di Haarlem, jalan Kartini berdekatan dengan jalan Mohammad Hatta, Sutan Syahrir. Jalan ini langsung tembus ke jalan bernama Chris Soumokil yang diambil dari presiden kedua Republik Maluku Selatan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply