Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

BPJAMSOSTEK Ikut Sumbang Gaji untuk Tenaga Medis dan Relawan Covid-19

Gedung BPJS Ketenagakerjaan. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Tenaga kesehatan dan para relawan memang menjadi orang yang paling berisiko tertular Covid-19. Bagaimana tidak, ketika semua orang bekerja dan melakukan semua aktivitas dari rumah, tenaga kesehatan dan relawan malah rela datang ke rumah sakit demi memutus penyebaran Covid-19.

Hal ini membuat BPJS Ketenagakerjaan atau biasa disebut BPJAMSOSTEK berinisiatif untuk mendonasikan sebagian gaji mulai dari dewan pengawas, direksi, hingga 6.100 karyawannya.

“Kami akan mengalokasikan donasi dari potongan gaji bulan Maret dan April 2020 untuk mendukung perjuangan para relawan medis dan non medis,” kata Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK, Naufal Mahfudz dalam keterangan resminya, pada Selasa (14/4/2020).

Baca juga: Imbauan Work From Home untuk Tenaga Medis Usia Lanjut

Lebih lanjut Naufal menjelaskan bahwa potongan gaji ini akan diberikan dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) maupun APD dan alat kesehatan yang diperlukan.

“Dalam JKK sangat lengkap, diantaranya jika peserta mengalami kecelakaan kerja dan tidak dapat bekerja untuk sementara waktu, BPJAMSOSTEK akan membayarkan 100% gajinya untuk 12 bulan, dan seterusnya sebesar 50% hingga sembuh,” tambahnya.

Selain itu, Naufal juga membeberkan, apabila tenaga medis peserta BPJAMSOSTEK yang bekerja untuk merawat langsung pasien corona dan dirinya meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap akibat terinfeksi virus tersebut, maka ahli waris akan mendapatkan santunan JKK sebesar 48 kali upah yang dilaporkan.

Menurut Naufal, untuk tahap pertama ini pihaknya akan melindungi 1.324 tenaga medis yang terdaftar dan terverifikasi oleh BNPB, dan secara bertahap akan bertambah terus sesuai proses administrasi di BNPB. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan