Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Google Blokir Belasan Juta Email Penipuan Terkait Virus Corona

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Google telah memblokir sekitar 18 juta email penipuan yang terkait dengan virus corona per hari, kata perusahaan tersebut dalam posting blognya.

Raksasa teknologi tersebut bekerjasama dalam kemitraan dengan Apple untuk mengembangkan sistem pelacakan kontak, mengklaim telah memblokir lebih dari 100 juta email phishing sehari. Selama seminggu terakhir, hampir seperlima dari mereka adalah penipuan terkait COVID-19.

Virus yang merupakan krisis kesehatan masyarakat dan krisis ekonomi dunia ini kini menjadi topik phishing terbesar, menurut Silicon Valley.

“Serangan phishing selalu memiliki sifat yang sama yaitu menghasut atau bergantung pada emosi yang membuat kita bertindak lebih tergesa-gesa atau kurang memikirkan tindakan kita pada saat itu,” kata peneliti keamanan Scott Helme kepada BBC.

Baca juga: Apple dan Google Buat Aplikasi Pelacak Orang Positif Corona. Bakal Langgar Privasi?

“Pandemi virus corona merupakan topik yang sangat emosional saat ini dan penjahat cyber jelas mengetahui hal ini. Mereka berharap bahwa orang biasa mungkin lebih cenderung mengklik tautan atau mengikuti instruksi buruk jika mereka menggunakan umpan (bait) ini,” Ujar Scott.

Layanan Gmail Google hingga kini telah digunakan oleh sekitar 1,5 miliar orang di seluruh dunia. Beberapa orang menerima email yang penipuan dari pengirim yang mengaku dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau badan pemerintahan nyata lainnya.

Isi emailnya biasanya membujuk mereka untuk mengunduh software malicioius (berbahaya) atau menyumbang untuk tujuan palsu. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply