Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Saran Penyajian Kopi yang Bikin Panjang Umur

Sumber foto: Medical News Today

Topcareer.id – Bagi sebagian orang, rasanya tak lengkap jika sehari tidak ngopi. Kopi memang baik untuk kesehatan, bahkan memperpanjang hidup, asalkan saran penyajiannya tepat.

Menurut sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiolog, Rabu (22/4/2020), kopi dengan filter bisa memperpanjang umur.

“Kopi tanpa filter mengandung zat yang meningkatkan kolesterol darah. Menggunakan filter untuk menghilangkan zat ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan kematian dini,” kata penulis studi, Dag Thelle, seorang profesor senior di departemen kesehatan masyarakat dan kedokteran masyarakat University of Gothenburg, Swedia, dikutip dari CNN .

“Studi kami memberikan bukti kuat dan meyakinkan tentang hubungan antara metode pembuatan kopi, serangan jantung dan umur panjang,” kata Thelle.

Baca juga: Produktivitas Kamu Menurun? Coba Bekerja dari Kedai Kopi

Merebus kopi atau menggunakan mesin kopi sebenarnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Menurut Ali Diet terdaftar, Lisa Drayer, kopi tanpa filter seperti kopi Yunani dan Turki yang direbus, atau kopi yang dibuat di media Prancis, mengandung jumlah cafestol dan kahweol yang lebih tinggi.

 “Itu adalah bahan kimia yang ditemukan dalam tetesan minyak mengambang dalam kopi dan juga dalam sedimen,” kata Lisa Drayer, kontributor kesehatan dan nutrisi CNN.

“Studi telah menunjukkan bahwa zat ini dapat meningkatkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol LDL. Jadi kopi yang disaring, contohnya memakai kertas saring, dapat membantu menjebak bahan kimia ini,” ujarnya.

Baca juga: Secangkir Kopi Bantu Pecahkan Masalah? Ini Kata Penelitian

Untuk studi ini, para peneliti mengikuti lebih dari setengah juta pria dan wanita Norwegia sehat antara usia 20 dan 79 selama periode 20 tahun.

Hasilnya, kopi yang direbus atau ditekan tanpa filter meningkatkan risiko kematian pada pria berusia 60 tahun ke atas, karena peningkatan mortalitas kardiovaskular.

Sebaliknya, minum kopi yang disaring, melalui kertas saring misalnya, ternyata lebih sehat daripada tidak minum kopi sama sekali.

Baca juga: Yuk Racik Kopi Sendiri! Lebih Nikmat, Stres pun Hilang

Kopi yang disaring dikaitkan dengan penurunan 15% risiko kematian dari sebab apa pun; penurunan 12% risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular pada pria; dan penurunan 20% risiko kematian akibat penyakit jantung pada wanita, jika dibandingkan dengan tidak minum kopi.

“Temuan bahwa mereka yang minum minuman yang disaring ternyata sedikit lebih baik daripada mereka yang tidak minum kopi sama sekali, tidak dapat dijelaskan oleh variabel lain seperti usia, jenis kelamin atau kebiasaan gaya hidup. Jadi kami pikir pengamatan ini benar,” kata Thelle.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply