Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Air Liur Ternyata Bisa Menghilangkan Rasa Sakit

Sumber foto: Inc.com

Topcareer.id – Air liur dari manusia ternyata mengandung obat penghilang rasa sakit alami (natural pain killer) yang enam kali lebih kuat daripada morfin, menurut para peneliti.

Zat tersebut dijuluki opiorphin. Ini dapat menghilangkan rasa sakit seperti morfin, tetapi tanpa efek samping berupa adiktif dan psikologis.

Ketika para peneliti menyuntikkan bahan kimia penginduksi rasa sakit ke kaki tikus, 1 miligram opiorphin dari air liur manusia mampu mencapai efek penghilang rasa sakit yang sama dengan 3 miligram morfin.

Dikutip dari newsciantist.com, Rabu (22/4/2020), zat itu sangat berhasil dalam menghalangi rasa sakit. Tikus tersebut membutuhkan enam kali lebih banyak morfin daripada opiorphin untuk membuatnya tidak menyadari adanya rasa sakit akibat suntikan jarum.

“Efek penekan rasa sakitnya seperti morfin,” kata Catherine Rougeot di Pasteur Institute di Paris, Prancis, yang memimpin penelitian.

“Tapi kita harus menguji efek sampingnya, karena itu bukan obat penghilang rasa sakit murni. Ini mungkin juga merupakan molekul anti-depresi.”

Opiorphin adalah molekul yang sangat sederhana, sehingga memungkinkan untuk mensintesis dan menghasilkan jumlah besar tanpa harus mengisolasinya dari air liur,

Rougeot menjelaskan, bukan hal yang mustahil bagi peneliti untuk menemukan obat yang memicu tubuh pasien untuk memproduksi lebih banyak molekul sendiri.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply