Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Diet Sehat selama Bulan Puasa

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Sebagian wanita pasti ingin memiliki tubuh yang ideal, maka dari itu banyak dari wanita yang rajin untuk melakukan diet.

Nah, pertanyaannya, apakah bisa diet dilakukan selama bulan ramadan?

Diet bisa dilakukan kapan saja, termasuk pada bulan puasa di mana waktu makan kita akan lebih dibatasi, sehingga makanan yang kita konsumsi jauh lebih terkontrol.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut tips-tips diet sehat selama puasa.

Kurangi asupan kalori
Untuk menurunkan berat badan sekitar 0,5 sampai 1 kg per minggu, sebaiknya kamu mengurangi sebanyak 500 kalori per hari. Misalnya, jika biasanya kamu mengkonsumsi 2000 kalori per hari, saat puasa kamu hanya perlu makanan dengan 1500 kalori saja.

Ingat, jangan membatasi kalori secara berlebihan. Kamu harus tetap mencukupi kebutuhan kalori minimal 1200 setiap hari.

Perhatikan asupan nutrisi
Kamu harus memastikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi ketika berbuka dan sahur sudah lengkap nutrisinya, mencakup karbohidrat, protein tinggi, serat sayuran dan buah, serta daging tanpa lemak.

Hindari produk olahan
Kenapa ini harus dihindari? karena umumnya produk olahan maupun junk food mengandung banyak MSG, pemanis buatan, sodium dan lemak. Dan ini bisa membuat kamu mudah merasa lapar lho. Jadi disarankan untuk mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara ditumis, rebus, kukus maupun dipanggang.

Kurangi makanan tinggi gula
Nah, biasanya saat berbuka, kebanyakan orang memilih makanan dan minuman yang manis dalam jumlah yang banyak. Padahal hal itu justru membuat perut kamu kembung dan mengakibatkan proses pencernaan jadi terhambat.

Untuk itu, dianjurkan untuk kamu mengonsumsi kurma karena buah itu merupakan sumber gula yang baik dan kaya akan nutrisi. Jika kamu ingin menjajal es buah, kolak, dan minuman manis lainnya, tunggu selama 2 hingga 3 jam setelah berbuka puasa, ya.

Kontrol asupan cairan
Saat puasa, tubuh rentan mengalami dehidrasi, jadi pastikan kamu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti semangka, timun, selaada, air kelapa, jeruk dan sejenisnya agar asupan caairan kamu terpenuhi.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply