Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, February 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tips Agar Tubuh Tetap Prima selama Puasa Ramadan

Sumber foto: ABC.net.au

Topcareer.id – Hanya karena sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, bukan berarti kita boleh bermalas-malasan seharian, apalagi dengan alasan lemas.

Departemen Dietetika di Singapore General Hospital (SGH) menyebutkan, tubuh kita bisa tetap prima kok meski sedang puasa. Yang penting, pada saat sahur dan buka puasa, kita selalu mengonsumsi makanan yang tepat, dalam jumlah yang tepat.

Berikut beberapa tips agar kamu tetap sehat dan prima saat berpuasa.

Jangan lewatkan makan sahur
Seperti kata pepatah, ‘sarapan adalah makanan terpenting hari ini.’ Dan selama Ramadan, sahur menjadi lebih penting!

Melewatkan Sahur akan memperpanjang periode puasa kamu lantaran tubuh jadi bergantung pada nutrisi dan energi yang didapat dari makanan di malam sebelumnya.

Jangan makan berlebihan saat iftar (berbuka puasa)
Percaya deh, makan berlebihan saat berbuka puasa dapat membahayakan tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Jadi, lebih baik makanlah dengan perlahan dan secukupnya saja. Pastikan kamu mendapat gizi yang seimbang.

Hindari makan gorengan, makanan asin dan makanan tinggi gula
Hidangan berminyak, berlemak, serta tinggi gula memang punya daya tarik tersendiri saat berbuka puasa.

Padahal, selain memiliki andil dalam kenaikan berat badan, mengonsumsi makanan berminyak, berlemak dan bergula juga menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, kamu juga harus membatasi asupan garam, terutama selama sahur, karena ini bisa meningkatkan rasa haus.

Sebagai gantinya, cobalah makan buah dan sayuran. Makanan yang kaya serat ini bisa jadi pilihan lantaran akan tercerna lebih lambat, sehingga merasa kenyang lebih lama.

Minumlah air sebanyak mungkin
Banyak minum air putih di antara Iftar dan Sahur bisa membantu mengurangi risiko dehidrasi selama puasa. Idealnya, kamu juga harus mengurangi minuman berkafein seperti kopi, teh dan soda karena itu memiliki efek diuretik dan meningkatkan kemungkinan tubuh kehilangan cairan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply