Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengurangi Makanan Manis Bisa Perkecil Risiko Terkena Corona

Melon cheesecake. (dok. Tripadvisor)

Topcareer.id – Ya, sementara semua orang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah karena pandemi virus corona, maka ada kemungkinan juga lebih cenderung ngemil sesuatu yang manis. Kamu juga begitu?

Tapi, menurunkan asupan makanan tinggi gula bukan ide yang buruk. Menurut seorang ahli, makan lebih sedikit makanan manis mungkin bisa membantumu jika kamu terkena Covid-19.

Menurunkan gula darah melalui diet dan olahraga mungkin melindungimu terhadap Covid-19, saran Adam M. Brufsky, MD, PhD, seorang ahli kanker payudara, dan profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh.

Baca juga: Studi Baru: Sekelompok Kecil Pasien Covid-19 Tunjukkan Penyakit Otak

“Gula bukan hanya sesuatu yang mempermanis makanan kita. Ini juga sesuatu yang merupakan bagian penting dari protein yang membentuk tubuh kita,” katanya dalam jurnal berita akademik The Conversation.

“Kontrol gula darah yang lebih baik melalui diet dan olahraga, serta kontrol glukosa darah yang lebih baik pada penderita diabetes, terutama saat sakit Covid-19, mungkin dapat membantu mengendalikan keparahan penyakit dan bahkan penyebarannya,” kata dia seperti dikutip dari Eat This.

Peneliti lain percaya gula darah tinggi dan diabetes tipe 2 adalah faktor risiko bagi mereka yang terkena virus corona.

Baca juga: Berlebihan Makanan Kaya Protein Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Para ilmuwan dari Jerman, Inggris, Swiss, Italia, dan Singapura baru-baru ini menyimpulkan dalam Nature Reviews Endocrinology bahwa mengendalikan gula darah tinggi, kadar lipid, dan tekanan darah berpotensi mencegah atau mengurangi keparahan efek samping dari virus corona.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), pasien dengan diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik (termasuk gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kelebihan lemak perut) mencapai 10 kali lebih mungkin untuk meninggal ketika mereka tertular Covid-19 dibandingkan dengan orang tanpa penyakit metabolisme.

Bagaimana bisa menurunkan risiko terkena virus corona?

Pandemi virus corona membuat seseorang memperhatikan diet dengan saksama. Menjadi hal penting juga memastikan untuk menghindari diabetes tipe 2 sebisa mungkin.

Dua cara terbaik untuk mengurangi risiko secara dramatis adalah dengan menghilangkan gula tambahan yang tersembunyi dari diet dan dengan menurunkan berat badan, dan beratnya tidak harus terlalu banyak.

Menghilangkan sumber gula tambahan yang tersembunyi dalam diet harian dapat dengan cepat membantu menurunkan berat badan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply