Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Beragam Manfaat Musik yang Perlu Kamu Tahu!

Sumber foto: Lipulse.com

Topcareer.id – Mendengarkan musik bisa membuat suasana hatimu jadi lebih baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa musik memiliki efek mendalam pada tubuh dan jiwa kamu.

Bahkan, kini ada bidang kesehatan yang dikenal sebagai terapi musik, Terapi ini menggunakan musik untuk mengatasi rasa sakit dan membantu menangkal depresi.

Mengutip verywellmind.com, Rabu (22/4/2020), berikut adalah beberapa efek musik, yang membuat terapi musik jadi begitu ampuh.

Gelombang Otak
Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dengan irama yang kuat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi selaras dengan ketukan.

Ketukan yang lebih cepat, terbukti menghadirkan konsentrasi yang lebih tajam dan pemikiran yang lebih waspada. Sedangkan untuk tempo yang lebih lambat, mampu meningkatkan kondisi pikiran yang tenang.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa perubahan tingkat aktivitas gelombang otak yang diberikan oleh musik dapat membawa manfaat yang bertahan lama bagi keadaan pikiran kamu, bahkan meski kamu sudah berhenti mendengarkannya.

Pernapasan dan Detak Jantung
Dengan perubahan gelombang otak, datanglah perubahan fungsi tubuh lainnya. Mereka yang diatur oleh sistem saraf otonom, seperti pernapasan dan detak jantung juga dapat diubah oleh perubahan yang dibawa musik.

Ini bisa berarti pernapasan lebih lambat, detak jantung lebih lambat, dan aktivasi respons relaksasi. Musik juga dapat membantu menetralkan atau mencegah efek merusak dari stres kronis.

Keadaan Pikiran
Musik dapat digunakan untuk membawa keadaan pikiran yang lebih positif, serta membantu menjaga pikiran dari depresi dan kecemasan.

Suara musik yang menggembirakan, serta pesan-pesan positif atau katarsis yang disampaikan dalam lirik, bisa menjadi rute menuju kondisi mental yang lebih baik. Ini juga membantu menjaga tingkat kreativitas, serta meningkatkan optimisme.

Di luar penjelasan di atas, musik juga membawa banyak manfaat lain, seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan, meredakan ketegangan otot, dan banyak lagi.

Tidak mengherankan bahwa begitu banyak orang melihat musik sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan dan konsentrasi.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply