Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Trik Kurangi Lelah Akibat Video Conference Setiap Hari

Ilustrasi tired-wfh-forbes-burnout.Ilustrasi tired-wfh-forbes-burnout. (dok. Forbes)

Topcareer.id – Banyak dari kita yang dikurung di rumah dan seharian melakukan aktivitas lewat layar laptop dan ponsel. Juga termasuk di dalamnya melakukan meeting video lewat Zoom atau aplikasi video conference lainnya.

Suzanne Degges-White, Ph.D., penasihat dan profesor berlisensi di Northern Illinois University mengatakan dalam Psychology Today, kamu akan tetap merasa lelah karena screentime ketika kamu berada di Zoom atau rapat Skype, bahkan untuk bergaul dengan teman-teman untuk pesta virtual.

“(Kelelahan video conference) itu tidak seperti kelelahan yang kamu rasakan dari satu jam di gym. Bahkan orang ekstrovert dapat merasa lelah dengan koneksi virtual intensitas tinggi,” tulis Degges.

Bahkan menurut Degges, Zoom tidak hanya menyedot energi dan otak kita, tetapi juga mengalahkan tubuh kita. Dari pantat mati rasa sampai ke sakit kepala, juga mata yang berdenyut-denyut, berjam-jam dihabiskan dalam satu posisi di furnitur yang tidak dirancang untuk duduk jangka panjang dapat membuat pegal.

Baca juga: Di Rumah Saja, 7 Skill Ini Bisa Kamu Gunakan Buat Penghasilan Tambahan

Degges lantas menyarankan beberap trik mengurangi rasa lelah karena video conference selama pandemi ini.

1. Gunakan telepon, bukan komputer, untuk rapat

Degges mengatakan, hal ini bisa mengurangi stres ketika kamu “muncul” hanya dengan suara. Saat kita menghadapi wajah di layar, sulit meminimalisir perhatian. Beri sedikit kelonggaran diri dan “teleponlah” lain kali. Matamu yang terlalu terlatih dan otot-otot yang kamu gunakan untuk “wajah peserta rapat yang penuh perhatian” akan berterima kasih.

2. Jangan jadwalkan meeting back-to-back

Back to back meeting atau menjadwal meeting terus-terusan tanpa jeda itu yang bisa bikin lelah. Berikan kesempatan pada otak untuk beralih antar pertemuan.

3. Beristirahatlah sejenak dari layar

Coba biarkan dirimu beristirahat di antara rapat-rapat. Coba sempatkan untuk mendapat udara segar, segelas air, atau lakukan jumping jack atau jalan cepat 10 menit, di dalam atau berbaris di tempat.

Baca juga: 3 Penyebab Anak-Anak Tertekan saat Belajar di Rumah

4. Catat hasil meeting di kertas dengan pulpen

Saat mengikuti rapat bisnis, gunakan ponselmu dan fokus mendengarkan, juga usahakan membuat catatan kertas dengan pena daripada melakukan “tugas layar ganda,” ketika kamu bisa. Membuat catatan dengan tangan telah terbukti meningkatkan retensi di kelas, jadi ambil pelajaran dari ini dan fokus pada apa yang dikatakan.

“Dengan berfokus pada apa yang terjadi dan menulis catatan yang dapat dibaca saat selesai, kamu akan bisa tetap fokus dan mempertahankan apa yang dibagikan,” tulis Degges.

5. Pastikan bahwa “home office” terasa berbeda dari “ruang tamu”

Ya meskipun ruangnya sama, coba buat suasana yang berbeda. Ganti pencahayaan saat kamu “tidak aktif” dan letakkan cangkir kopi di meja. Ketika kamu merasa sedang bekerja 24/7 dan tidak dapat meninggalkan kantor untuk melihat teman, membuat cara agar kamu merasa tetap ada batas antara bekerja dan bermain, bisa menjadi penting. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply