Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Tips Hindari Sakit Punggung saat Kerja dari Rumah (bagian 2)

Sumber foto: Spine and Wellness Cincinnati

Topcareer.id – Bagi mereka yang sudah terbiasa kerja dari rumah, kebanyakan telah melengkapi diri dengan peralatan kantor ergonomis.

Tapi, bagi sebagian orang yang pertama kali terjebak WFH, mereka akan menggunakan komputer di meja biasa, meja dapur atau kursi santai.

Jika hanya seminggu-dua minggu, efeknya memang tidak begitu terasa. Tapi kalau sudah sebulan lebih, akan berpotensi merasakan sakit di punggung, leher, atau pinggang.

Untuk menghindarinya, cobalah lakukam beberapa saran di bawah ini, seperti dikutip dalam laman Time.

Bagian akhir dari tulisan.

6. Gunakan input suara

Pengenalan suara bagus untuk sebagian besar teks dan email. Ini memberi lengan, pergelangan tangan, dan tanganmu waktu untuk beristirahat.

7. Duduk di kursi

Ketika duduk, punggung bawah yang melengkung ke arah perut disebut lordosis, dan ini adalah postur yang paling rileks untuk punggung bagian bawah karena meminimalisir tekanan pada cakram intervertebralis di wilayah itu.

Sebaliknya, ketika tubuhmu terlalu condong ke depan, tulang belakang lumbar akan membungkuk, yang disebut kyphosis, dan itu memberi banyak tekanan pada cakram lumbar intervertebralis.

Apabila kursimu tidak memiliki penyangga punggung bawah yang baik, siasati dengan bantal atau handuk gulung yang disimpan di belakang punggung bawahmu. Ini memang kurang efektif untuk kursi ergonomis, tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali.

8. Saat duduk, sandarkan telapak kaki di lantai atau penyangga kaki

Jika kaki tidak mencapai lantai, gunakan kotak, tumpukan buku, bantal atau sandaran kaki. Jangan menarik kaki ke bawah atau membiarkannya menjuntai di udara karena akan menciptakan tekanan di bawah paha.

Sedikit peringatan, tekanan di bawah paha akan membatasi aliran darah ke kaki (termasuk bagian bawah) dan meningkatkan risiko trombosis vena dalam.

9. Batasi waktu bekerja di tempat tidur

Tempat tidur jauh lebih buruk daripada kursi. Kamu pasti akan duduk di sisi tempat tidur, kakimu akan bersila atau memanjang secara horizontal, untuk bertindak sebagai penopang laptopmu. Kadang, kamu juga jadi terpaksa membungkuk untuk mendapat tampilan layar yang optimal.

Jika tempat tidur adalah satu-satunya pilihanmu, letakkan bantal di belakang punggungmu untuk bersandar, dan letakkan laptop di atas bantal di pangkuanmu.

Kamu juga bisa memakai meja khusus laptop agar kamu bisa mengetik dengan nyaman tanpa membuat leher menjadi tegang.

10. Hindari diam di satu posisi terlalu lama

Banyak orang percaya bahwa berdiri adalah pilihan yang lebih baik untuk tubuh mereka saat bekerja, dan memang benar, tidaklah sehat untuk tetap diam bergeming sepanjang hari.

Tetapi, para ahli ergonomi telah lama menyadari bahwa berdiri saat bekerja akan membutuhkan lebih banyak energi daripada duduk. Ini juga akan memberikan tekanan yang lebih besar pada sistem peredaran darah di tungkai dan kaki.

Untuk menyiasatinya, cobalah sesekali berjalan untuk mendapatkan segelas air. Setiap melewati 20 hingga 30 menit, regangkan dan gerakkan tubuh selama satu-dua menit untuk meningkatkan sirkulasi dan mengendurkan otot.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply