Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Olahraga ini Cocok Dilakukan Ibu dan Anak selama Pandemi Covid-19

Sumber foto: Boston Magazine

Topcareer.id – Di masa pandemi Covid-19, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sangatlah penting. Salah satu cara mendapatkannya, adalah dengan melakukan olahraga.

Nah, bagi ibu yang telah memiliki bayi hingga anak dengan usia tanggung, ada beberapa olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Cara melakukannya pun relatif mudah, karena menggunakan berbagai peralatan yang ada di sekeliling seperti dinding, lantai, sofa, ranjang hingga meja.

Dan karena olahraga ini akan dilakukan bersama dengan bayi atau anak kita, maka latihannya pun harus memiliki unsur permainan dan keceriaan. Terdengar menarik bukan?

Baca juga: Tetap Penting Ambil Libur Meski di Rumah Saja karena Corona

Salah satu dokter spesialis olahraga, dr Michael Triangto, SpKO membagikan tips mengenai olahraga yang dapat dilakukan ibu dan buah hatinya.

“Jenis latihan ini harus mencakup olahraga aerobik di mana kita melakukan gerakan ringan secara berulang-ulang dan olahraga anaerobik yang lebih banyak menggunakan kemampuan dan kekuatan otot-otot tubuh,” ungkap dr. Michael kepada Topcareer.id, Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, latihan aerobik ini dapat dilakukan dengan berjalan ataupun menari bersama anak di dalam ruangan.

Sedangkan untuk latihan anaerobik, dapat dilakukan dengan sit-up, squat, leg extention, bridge, plank maupun crunch.

“American College of Sports Medicine (ACSM) sangat menganjurkan agar olahraga ini dilakukan dalam 3-5 kali seminggu dengan durasi latihan 30 hingga 50 menit per minggunya,” imbuhnya.

Baca juga: Jalan Santai 4 Ribu Langkah Sehari Kurangi Risiko Kematian Dini

Selain orang dewasa, anak-anak pun bisa ikut merasakan manfaat dari olahraga bersama ini, karena akan melatih kemampuan gerak motorik tubuh; mendekatkan hubungan fisik maupun psikologis antara orang tua dan anak; sekaligus memperkenalkannya dengan berbagai bentuk latihan.

“Dengan demikian anak akan belajar untuk menirukan berbagai gerakan latihan yang dilakukan orang tuanya, yang tentunya akan bermanfaat jika sampai pada waktunya mereka mulai berolahraga secara serius,” ujarnya.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply