Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Karyawan Google Belum Boleh Ngantor Hingga Juni

Dok. Ars Technica

Topcareer.id – CEO Alphabet Sundar Pichai mulai membahas rencana perusahaan untuk mengizinkan pekerja kembali ke kantor. Menurut email yang dikirim kepada karyawan pada Senin (27/4/2020), para pekerja diizinkan kembali ke kantor, tapi tidak lebih awal dari 1 Juni 2020. Mungkin setelahnya.

 Dalam email tersebut, yang dilihat CNBC, perusahaan akan meminta pekerja kembali secara bertahap untuk mengurangi kecemasan di sekitar karena meninggalkan rumah.

“Tidak semua orang di suatu perusahaan akan kembali sekaligus. Tidak akan ada pendekatan satu ukuran untuk semua, dan panduan spesifik akan bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya,” kata Pichai. Rencana Pichai sebelumnya dilaporkan oleh Business Insider.

Rencana terbaru datang ketika perusahaan mencoba untuk memobilisasi tenaga kerjanya yang besar, banyak dari mereka telah meminta kejelasan tentang masa depan mereka kembali ke kantor di tengah perubahan.

Baca Juga: Alphabet, Perusahaan Induk Google, Rilis Pendapatan Kuartal I, Baik Atau Buruk?

Google adalah salah satu perusahaan besar pertama yang merekomendasikan karyawan bekerja dari rumah pada awal Maret untuk mencegah penyebaran virus corona. CNBC pertama kali melaporkan perencanaan awal terperinci para eksekutif Alphabet, yang terjadi berminggu-minggu sebelum virus dianggap sebagai pandemi global.

“Saya tahu bahwa banyak dari kalian memiliki pertanyaan tentang seperti apa kembali ke kantor itu, dan kapan,” kata Pichai dalam emailnya kepada karyawan.

“Enam wilayah di sekitar markas Google di California baru saja mengumumkan perpanjangan pesanan tinggal di rumah sampai akhir Mei, sementara banyak daerah lain di seluruh dunia mengeluarkan panduan mereka sendiri.”

Pichai melanjutkan dengan mengatakan dia tidak memiliki tanggal tertentu untuk kembali, namun dia berkata bahwa setiap orang yang berada dalam status kerja-dari-rumah yang direkomendasikan atau wajib harus mengasumsikan bahwa akan berlanjut hingga setidaknya 1 Juni 2020.

Baca juga: Efek Corona, Google Pangkas Anggaran Pemasaran dan Tunda Rekrut Karyawan Baru

Pichai mencatat bahwa pekerja masih diberi tahu bahwa mereka dapat bekerja dari kantor jika mereka berada di wilayah Asia Pasifik. “Silakan terus ikuti panduan khusus perusahaan wilayah kalian,” katanya.

Bahkan ketika kantor mulai dibuka kembali, para pekerja yang merawat anggota keluarga atau yang memiliki pertimbangan khusus tidak harus segera kembali. Mereka akan memiliki opsi untuk bekerja dengan manajer mereka pada pendekatan “fleksibel”, menurut Pichai.

“Kami adalah salah satu perusahaan pertama yang pindah ke WFH, kami akan sama-sama berhati-hati tentang transisi kami kembali ke kantor,” tulisnya.

Pichai menyebut, setelah mereka kembali, tim akan terus memantau kondisi lokal dan menyesuaikannya, bersandar pada lembaga kesehatan, komunitas medis dan Tim Tanggap Insiden Global dan Regional perusahaan yang terus mengevaluasi data.

Pichai juga mengatakan akan melanjutkan beberapa acara kerja dan online jarak jauh bahkan setelah pembatasan dicabut. Pandemi itu menjadi peluang untuk menata kembali bagaimana perusahaan itu bekerja. Pichai juga berterima kasih kepada karyawan yang terus datang ke kantor dan pusat data.* (RW)

Leave a Reply