Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Belajar Bahasa Asing, dari Mudah sampai Paling Sulit (Bagian 2)

Sumber foto: ToughtCoSumber foto: ToughtCo

Topcareer.id – Meski bahasa Inggris adalah bahasa universal, akan lebih baik jika kamu mengusasai bahasa-bahasa lainnya. Ini akan sangat membantu kamu ketika traveling atau saat bekerja di luar negeri.

Namun, dari sekian banyak bahasa, ada beberapa yang konon sangat sulit dipelajari, terutama bagi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Penasaran? Berikut beberapa di antaranya menurut Lembaga Layanan Asing Amerika Serikat, dikutip dari CNN.

Bagian akhir dari tulisan.

4. Rusia (1.100 jam)

Begitu kamu mahir bahasa Rusia, kamu dapat memahami bahasa-bahasa Slav lainnya seperti Ceko, Polandia, atau Bulgaria. Ini juga diucapkan dan dipahami di semua wilayah bekas Uni Soviet dari Armenia hingga Kirgistan.

Namun, tersembunyi di balik tabir misteri Cyrillic, bahasa ini dalah salah satu bahasa yang sulit untuk dikuasai. Saking sulitnya, bahkan banyak orang Rusia berbicara dengan salah.

Tetapi, segala literatur, musik, dan penggemar balet atau calon astronot (bahasa Rusia adalah subjek wajib di NASA) harus mempelajari bahasa dengan lebih dari 500.000 kata (sebagian hingga 38 karakter) ini, di mana huruf “e” terdengar sebagai “e” atau “o”, dan kata benda “hidup” atau “mati.”

3. Bahasa Arab (2.200 jam)

Di bahasa manapun, membacaakan dimulai dari kiri ke kanan, kecuali di dunia Arab, yang membacanya dari kanan ke kiri. Arah membaca dan naskah kursif, yang mungkin tidak termasuk vokal, adalah rintangan utama bagi pelajar bahasa Arab.

Bahasa Arab Klasik akan membuatmu dipahami di mana-mana, tetapi bahasa Arab sehari-hari akan lebih bermanfaat, karena begitu penduduk setempat mulai saling berbicara, kamu akan kehilangan alurnya.

2. Jepang (2.200 jam)

Sebagai negara yang memperkaya dunia dengan sushi, karaoke, dan manga, Jepang memiliki banyak penggemar, terutama di kalangan gamer dan geek.

Tetapi, mereka dihadapkan dengan bahasa yang sangat menantang, yakni menggunakan karakter Cina impor (Kanji) yang terputus dari makna aslinya. Tak hanya itu terdapat juga dua suku kata yaitu Hiragana dan Katakana. Kamu harus belajar untuk mengetahui kapan harus menggunakan yang mana.

Dalam menghitung objek, kamu akan tergantung pada panjang dan tipis (jalan), kecil dan bulat (apel), tipis dan datar (lembaran kertas), luas dan rata (karpet),serta ratusan varietas lainnya.

Bahasa Jepang yang kamu gunakan juga tergantung pada jenis kelamin. Ada bahasa “kasar” untuk pria dan bahasa yang lebih “anggun” untuk wanita, tetapi kamu harus memahami keduanya.

1. Kanton/Mandarin (masing-masing 2.200 jam)

Mandarin (Putonghua dalam bahasa Cina, yang berarti bahasa umum) dianggap sebagai bahasa resmi di China modern. Mereka semua berbagi (kira-kira) satu sistem penulisan yang berkembang.

Untuk memperumit masalah ini, ada dua jenis utama karakter tulisan China di bawah sistem penulisan yang sama: China tradisional yang digunakan di Hong Kong dan Taiwan, lalu China yang disederhanakan di China daratan (standar dan disederhanakan pada 1950-an untuk meningkatkan melek huruf di negara itu).

Setiap kata tertulis ketika diucapkan, tidak dapat dipahami antara penutur bahasa Mandarin di Beijing dan penutur bahasa Kanton di Hong Kong.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply