Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Perusahaan atau Bisnis Harus Tetap Berjalan di Tengah Pandemi Corona, Lakukan Hal Ini

Ilustrasi. (dok. Bloomberg)

Topcareer.id – Pandemi global virus corona telah memberikan tekanan berat pada beragam sektor bisnis di banyak negara di dunia akibat dari lockdown yang diterapkan oleh masing-masing pemerintah.

Mencoba tetap melanjutkan roda bisnis dalam situasi yang berubah dengan cepat seperti sekarang merupakan sebuah tantangan.

Seperti dikutip dari laman finder.com, bagaimana caranya agar bisnis tetap bertahan selama wabah virus corona. Perlu untuk menerapkan beberapa tindakan perlindungan untuk menjaga pelanggan, klien dan karyawan tetap aman dan bisnis terus berjalan.

Tetap berkomunikasi dengan terbuka pada karyawan
Komunikasi transparan dengan karyawan sangat penting. Semakin banyak karyawan tahu tentang harapan dan niat perusahaan, semakin siap mereka mempersiapkan diri.

Baca juga: 8 Cara Lindungi Diri Dari Penipuan Online Saat Kerja Dari Rumah

Atur gaji karyawan
Jika masih menggunakan atau masih ada karyawan yang digaji dengan cara memberikan uang tunai, segera ubah dalam bentuk non tunai dengan transfer. Kumpulkan informasi perbankan yang diperlukan dari karyawan dengan lengkap lalu atur jadwal transfer penggajiannya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pertemuan langsung antar individu.

Terapkan WFH jika memungkinkan
Mungkin ini tidak cocok untuk semua model bisnis. Namun, jika mungkin bagi karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan komputer dan koneksi Internet dari luar kantor, dorong mereka untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Temukan cara untuk terus melayani pelanggan atau klien
Seroang CEO Jaringan Pusat Pengembangan Usaha Kecil (SBDC) di Florida, Amerika Serikat, Michael Myhre menyarankan menggunakan media sosial untuk memberi tahu pelanggan tentang bisnis dan klien bagaimana mereka dapat tetap membeli atau menggunakan jasa perusahaan. “Yakinkan pelanggan bahwa kamu mengambil langkah-langkah untuk melindungi kesehatan mereka,” kata Michael. Jika bisnis yang dijalankan mengandalkan penjualan langsung, bisa dipertimbangkan untuk berjualan secara online.

Strategikan cara terbaik untuk menjaga bisnis tetap berjalan
Operasi bisnis selama pandemi global adalah tentang mengelola risiko. Jika memungkinkan, perusahaan harus mempertimbangkan untuk menggeser strategi penjualan mereka. Jika terpaksa menutup toko, cari cara agar karyawan tetap dipekerjakan dengan berjualan secara online menggunakan media sosial atau cara inovatif lainnya.

Cari tahu lebih jauh di halaman berikutnya>>

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply