Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, May 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Manfaat Hindari Kopi Saat Masa Karantina

Sumber foto: Global News

Topcareer.id – Ya, kopi punya manfaat terkait kesehatan. Tapi, saat pandemi, sepertinya akan lebih baik jika konsumsinya dikurangi. Konsumsi kopi saat masa karantina bisa pengaruhi hubunganmu dengan keluarga, juga produktivitas.

Dilansir dari laman The Ladders, berikut alasan mengapa kamu baiknya hindari minum kopi selama karantina.

1. Tidur lebih nyenyak

Kafein telah terbukti secara drastis mengurangi kualitas tidur. Bagaimanapun, itu adalah stimulan, dan stimulan membuat kita tetap terjaga. Dalam 15 menit setelah konsumsi, kafein mulai berpengaruh dengan meningkatkan adrenalin dan meningkatkan detak jantung.

Hal itu juga memicu insomnia, mengurangi fungsi motorik halus, menyebabkan pusing dan meningkatkan sifat mudah tersinggung, yang semuanya dapat berdampak buruk pada kualitas tidur dan juga keluarga kita.

2. Kecemasan akan berkurang

Bagi sebagian dari kita, minum kopi (atau khususnya, kafein) terkait dengan peningkatan tingkat kecemasan dan bahkan serangan panik. Seringkali dengan hanya 150 mg kafein, yang kurang dari jumlah kafein yang ditemukan dalam kopi Starbucks berukuran grande, kecemasan itu bisa muncul.

3. Suasana hati akan membaik

Menyingkirkan diri dari minum kopi dapat membantu meningkatkan suasana hati secara keseluruhan, belum lagi mencegah tanda-tanda depresi dan lekas marah, keduanya merupakan gejala umum dari konsumsi kafein.

4. Kamu bisa mengurangi kalori

Kecuali jika kamu minum kopi hitam, maka gula atau krim yang ditambahkan ke kopi dapat mengemas banyak kalori kosong ke pinggang. Dan ini berlaku jika kamu minum minuman berenergi, yang banyak di antaranya memiliki lebih dari 200 kalori. Jika kamu menggunakan krim kental dalam kopi, itu akan menambah sekitar 50 kalori.

5. Kamu akan kehilangan toleransi terhadap kafein

Semakin banyak kopi yang kita minum, semakin kamu peka terhadap kafein, yang berarti semakin banyak yang perlu kamu konsumsi untuk bisa merasakan kenikmatannya. Teori yang sama berlaku untuk minum alkohol atau hampir semua jenis obat dan stimulan lainnya.

6. Hatimu akan tenang

Stimulan meningkatkan detak jantung (dan tekanan darah), yang menempatkan lebih banyak tekanan pada organ vital itu. Ini mungkin bukan masalah serius bagi sebagian orang, tetapi bagi orang lain yang memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, mengonsumsi kafein mungkin bukan pilihan terbaik.

7. Dompetmu mungkin berterima kasih

Ya, membuat secangkir kopi di rumah mungkin tidak akan membuat kita kehabisan uang. Tetapi begitu karantina selesai, banyak dari kita akan kembali ke ‘alam liar.’ Dan jika kamu memiliki kebiasaan mengambil secangkir kopi di kedai kopi setiap pagi, pengeluaran itu bertambah seiring waktu.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply