Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Usir Bau Petai dan Jengkol, Mana Paling Ampuh?

Jengkol dan petai. (dok. bantennews)

Topcareer.id – Buat penggemar petai atau jengkol, masalah bau sering tidak dipikirkan. Yang penting makan, entah dibakar, digoreng, atau dilahap mentah. Namun, di bulan puasa bau tak sedap usai makan jengkol atau petai kian tambah bermasalah.

Ada bermacam cara buat mengenyahkan aroma petai dan “saudara dekatnya” itu. Seperti dikutip dari buku Yok Makan dii Jabodetabek terbitan Intisari (2006), soal mengusir bau petai dan jengkol jadi obrolan sebuah komuitas maya atau milis. Ada anggota yang menyarankan mentimun.

Namun, saran itu dibantah oleh yang lain karena tidak membantu. “Nih, cobain resep gue: pakai kopi!” timpal yang lain.

Baca juga: 6 Langkah Cek Makanan Segar di Supermarket Sebelum Beli

Cara ini efektif di mulut, tapi tidak mempan mengusir aroma petai yang menguap dari air seni di toilet. Alhasil, WC atau toilet tetap saja full pesing aromanya.

Anggota milis lain tak mau kalah melempar usul, “Saya dikasih tahu sama Uwak saya yang juga penggemar petai. Kalau mau ilangin semua bau akibat makan petai (dan jengkol) cobalah minum dua butir vitamin B komleks sesudahnya.”

Tak perlu yang mahal-mahal, vitamin B kompleks yang berbentuk pil kecil-kecil juga manjur. Sejauh ini, katanya, semua masalah akibat petai dan jengkol hilang.

Hm, kamu punya cara lain usir bau jengkol dan petai? *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply