Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, May 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bayam Bikin Sekuat Popeye, dari Mana Mitosnya Bermula?

Popeye makan bayam. (dok. Happy Mag)

Topcareer.id – Kamu tentu tahu film kartun Popeye. Kalaupun tak pernah menontonnya bisa jadi pula kamu pernah mendengar namanya. Popeye biasanya disebut ibu atau ayah sebagai contoh agar anak rajin makan sayuran, terutama bayam.

Di film kartun itu memang digambarkan, Popeye, pelaut kurus dapat jadi manusia super kuat usai makan sekaleng bayam. Penggambaran ini tersebar luas ke seluruh dunia, hinggap di benak orang dari generasi ke generasi, seiring popularitas film kartun tersebut. Tapi, benarkah makan bayam bisa bikin kita jadi sekuat Popeye?

Baca juga: Tanaman Beracun yang Kita Santap

Itu, tentu saja, sebuah mitos. Menurut Reader’s Digest mitos itu berkembang lantaran kesalahan publikasi–entah salah cetak atau salah nengutip–sebuah penelitian yang pernah dimuat di sebuah jurnal kesehatan bergengsi. Di situ dikatakan, angka kandungan zat besi pada bayam sangat fantastis, alias di atas rata-rata sayuran lain.

Padahal, kandungan zat besi pada bayam sama seperti sayuran lain. Namun, anggapan tersebut sudah telanjur populer, utamanya berkat si pelaut super bernama Popeye. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply