Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bicara Pada Diri Sendiri Memiliki Manfaat Baik. Ini Penjelasannya

Ilustrasi. (dok. Sharp Healthcare)

Topcareer.id – Melihat sinetron ada aktornya bicara sendiri, kamu mungkin bakal merasa itu tak logis dan kamu tertawakan. Atau, bila melihat ada orang bicara sendiri, kamu mungkin berpikir orang itu tak waras. Jangan salah, bicara sendiri merupakan ciri orang cerdas.

Kamu mungkin mulai berbicara kepada diri sendiri sejak masih anak-anak. Berbicara dan mengarahkan percakapan internal pada diri sendiri ternyata pertanda memiliki kecerdasan lebih dan sama sekali tidak gila.

Ada banyak alasan untuk bicara pada diri sendiri, meskipun sebagian besar mengingatkan dirimu untuk fokus pada apa yang kamu lakukan, seperti mencari kunci, berbelanja barang tertentu di supermarket, yah.. self-talk ada di mana-mana.

Sains menjelaskan self-talk

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Gary Lupyan dan Daniel Swingley. Mereka menemukan bahwa kamu dapat meningkatkan sistem visual untuk mendeteksi item dengan mendengarkan nama item tersebut. Jadi, ketika kamu berbicara dengan dirimu sendiri apalagi sampai bersuara keras, pada dasarnya kamu memberi isyarat pada sistem yang ada pada dirimu untuk bersiap-siap agar berkinerja lebih baik.

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat apakah bicara pada diri sendiri memiliki efek pada apa yang diproses secara visual. Ini dilakukan dengan memberikan tugas pencarian barang di supermarket yang kompleks.

Lupyan menyimpulkan bahwa mendengar nama barang bisa membantu persepsi visual. Cukup dengan mendengar nama item atau barang tertentu membantu peserta menemukan item yang dicarinya lbih cepat daripada hanya memikirkannya.

Baca juga: Bicara Sendiri Bukan Tanda Gila, Tapi Ada Self-Talk Positif Dan Negatif

Percakapan kecil yang kamu alami dengan dirimu sendiri telah membantumu selama ini. Lain kali kamu mencari sesuatu, bicaralah dengan pada diri sendiri dan uji apakah kamu menemukannya lebih cepat dari biasanya.

Berbicara pada diri sendiri juga bisa dilakukan bagi yang ingin meningkatkan fungsi otak. Penelitian ini menunjukkan bahwa jika kamu melakukannya berbicara pada diri sendiri bisa membantumu menyelesaikan tujuan dan tugas lebih baik.

Mulailah berbicara pada diri sendiri. Bicaralah pada diri sendiri dahulu sebelum melakukan wawancara, panggilan, penjualan, atau percakapan dengan orang penting. Latihan sederhana self-talk sebenarnya adalah persiapan untuk mencapai fokus tingkat tinggi. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply