Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, May 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Usai Covid-19, Lingkungan Kantor Bakal Adopsi Model Kerja Hibrida

Ilustrasi. (dok. iStock)

Topcareer.id – Pandemi sebabkan banyak orang bekerja dari rumah dan mengangkat peran teknologi di tingkat yang paling penting. Ke depan, perusahaan harus beradaptasi dengan cepat karena realitas kerja dari rumah dan mengadopsi model hibrida untuk mendukung lingkungan kerja di dalam dan di luar.

Hal itu seperti dikatakan oleh CEO Cisco System, Chuck Robbins ketika mengatakan soal lingkungan kerja ke depan usai pandemi, dikutip dari CNBC. Ia mengatakan, normal baru juga akan mempengaruhi cara perusahaan merekrut.

“Saya pikir kalian akan melihat banyak karyawan yang akan terus bekerja dari rumah, tapi banyak juga yang akan kembali ke kantor. Dan bahkan memiliki beberapa yang bekerja melakukan dari keduanya,” katanya.

Baca juga: Twitter Bolehkan Karyawan Kerja dari Rumah Selamanya

“Itu akan mengubah banyak hal, termasuk bagaimana kita berpikir tentang bakat di masa depan.”

Bisnis telah bergegas untuk melengkapi jaringan mereka dengan alat kerja dan infrastruktur jarak jauh yang memungkinkan tenaga kerja untuk terus bekerja jauh dari kantor selama wabah global virus corona.

Sementara, perusahaan sudah mulai mengambil keuntungan dari internet untuk menawarkan lebih banyak keseimbangan kehidupan kerja dan fleksibilitas tempat kerja untuk staf, ada juga yang masih ragu-ragu, khawatir tentang alur kerja dan produktivitas.

Krisis kesehatan menutup kantor di seluruh dunia. Perusahaan yang ingin melanjutkan operasi mereka dipaksa untuk bereksperimen dengan tren kerja-dari-rumah ketika pemerintah menerapkan kebijakan social distancing demi cegah penyebaran virus.

Bisnis yang tidak penting, seperti tukang cukur, bioskop dan restoran, yang tidak dapat menyediakan layanan di luar lokasi terpaksa ditutup, yang mengarah ke PHK yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Saya pikir ini telah memberi kami kepercayaan diri bahwa kami dapat merekrut bakat di mana saja dan meminta mereka berpartisipasi secara produktif di tim, terlepas dari lokasi mereka. Saya pikir itu akan mempengaruhi cara perusahaan berpikir tentang jejak real estat komersial mereka,” kata Robbins. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply