Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Nyamuk Suka Golongan Darah O, Ini Alasannya

Sumber foto: mnn.com

Topcareer.id – Meskipun musim panas membawa banyak keuntungan, termasuk mungkin hari libur, namun musim panas juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah meningkatnya jumlah nyamuk di sekitarmu.

Jika kamu memiliki golongan darah O, kamu mungkin pernah bertanya-tanya, mengapa kamu lebih sering diserang nyamuk ketimbang teman-teman kamu. menyerangmu atau seseorang itu dibanding yang lainnya?

Mengutip terminix.com, Selasa (12/5/2020), nyamuk ternyata lebih menyukai satu golongan darah daripada yang lain. Para ilmuwan pertama kali mendapat penemuan dari penelitian di tahun 1972, yang kemudian ditulis pada sebuah studi Journal of Medical Entomology .

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Soal Demam Berdarah dan Cara Mencegahnya

Orang dengan golongan darah tipe O paling disukai nyamuk. Mereka “lebih enak” bagi nyamuk.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, spesies tertentu dari serangga lebih suka mendarat di kulit orang dengan golongan darah Tipe O, hampir dua kali lebih sering daripada di kulit orang dengan golongan darah Tipe A.

Tanpa sadar, kita sebagai manusia mengeluarkan bahan kimia tertentu melalui kulit kita. Bahan kimia yang dihasilkan akan tergantung pada DNA dan golongan darah.

Jonathan Day, ahli entomologi medis dan ahli nyamuk Universitas Florida, Amerika Serikat mengatakan bahwa beberapa bahan kimia ini seperti asam laktat dapat menarik lebih banyak nyamuk.

Nyamuk mungkin lebih tertarik kepada orang-orang dengan golongan darah Tipe O, namun, itu bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan nyamuk selalu memilih mereka daripada orang lain.

Menurut Jonathan, tingkat metabolisme seseorang juga bisa menarik nyamuk. Semakin tinggi tingkat metabolisme kamu, semakin banyak karbon dioksida yang kamu hasilkan, membuat kamu lebih menarik bagi nyamuk.

Ini berarti orang yang baru saja berolahraga, wanita hamil atau mereka yang hanya memiliki tingkat metabolisme yang tinggi walaupun bukan golongan darah O, akan menarik juga bagi nyamuk.

Baca juga: Waspadai Malaria, Gejalanya Mirip Covid-19

Pakaian yang kamu pakai juga bisa memengaruhi ketertarikan nyamuk pada dirimu. Nyamuk sangat visual dan tertarik pada warna yang lebih gelap. Karena itu, jika kamu bukan orang yang suka pakaian berwarna cerah, kamu bisa lebih menarik bagi banyak nyamuk.

Jadi, apakah nyamuk lebih suka golongan darah tertentu? Jawaban terakhir: Ya. Tetapi memiliki salah satu golongan darah yang kurang disukai bukan berarti nyamuk tidak akan mengganggumu sama sekali.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply