Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Kalbe Olah Jamur Cordyceps Sebagai Proteksi Awal Terhadap Covid-19

Sumber foto: mushroom-revival.com

Topcareer.id – Sebagai dukungan terhadap pemerintah dalam mengatasi dan menanggulangi Covid-19, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui divisi Kalbe Consumer Health, tengah mempersiapkan produk Health & Happiness (H2) Cordyceps militaris.

Medical Manager Kalbe Consumer Health, PT Kalbe Farma Tbk., dr. Helmin menyebut, H2 Cordyceps militaris dapat membantu memperkuat imunitas tubuh. Hal ini berkat kandungannya, yang diproduksi melalui proses alami.

“Dalam waktu dekat, rencananya akan dilakukan uji klinik produk ini sebagai obat tradisional untuk mempercepat penyembuhan pada pasien Covid-19 dengan pneumonia ringan di Wisma Atlet, Jakarta,” ujar dr. Helmin dalam keterangan tertulis, Jumat (15/5/2020).

dr. Helmi menjelaskan, jamur cordyceps militaris mengandung beberapa senyawa aktif yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya:

  1. Denosine, senyawa yang berpotensi sebagai antivirus
  2. Cordycepin, senyawa yang memiliki sifat sebagai antiinflamasi dan antivirus
  3. Polisakarida, senyawa yang memiliki aktivitas imunomodulator, antioksidan, anti-tumor dan anti-aging
  4. Asam amino dan Asam lemak

Di Asia Timur, jamur cordyceps telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk kanker, tonik, dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Walaupun masih membutuhkan berbagai penelitian lanjutan dan belum sampai pada uji klinis, namun cordyceps militaris dipercaya mempunyai potensi yang sangat baik untuk membantu menangkal virus, termasuk virus corona.

“Data efikasi dan keamanan produk H2 Cordyceps militaris akan terus kami lengkapi. Selain bukti-bukti empiris dan penelitian yang sudah dilakukan di luar negeri, kami juga sudah melakukan uji preklinik dan kemananan produk ini dengan universitas di Surabaya, dan analisis Bioinformatika dengan Prof. Widodo dari Universitas Brawijaya,” ucap dr. Helmin.

“Inisiasi uji klinis yang saya sebutkan sebelumnya, merupakan langkah maju untuk membuktikan efikasi H2 Cordyceps militaris.”

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply