Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Presiden Jokowi Resmikan Produk Unggulan Inovasi untuk Penanganan COVID-19

Presiden Joko Widodo

Topcareer.id – Presiden Joko Widodo meresmikan sembilan produk unggulan inovasi untuk penanganan COVID-19 mulai dari rapid test hingga ventilator. Presiden menyebut produk-produk tersebut sudah diuji dan telah diproduksi di atas 100.000.

Sembilan produk unggulan tersebut antara lain:

  • PCR Test Kit COVID-19
  • Rapid Diagnostics Test IgG/IgM COVID-19bisa diproduksi 100.000
  • Emergency Ventilator (Vent-I)
  • Imunomudulator Herbal Asli Indonesia
  • Plasma Convalesence.
  • Mobile Lab Biosafety2 (BSL-2)
  • Sistem AI untuk Deteksi COVID-19
  • Medical Assistant Robot RAISA
  • Powered Air Purifying Respirator

“Ini adalah momentum baru bagi kebangkitan bangsa, momentum baru kebangkitan di bidang sains dan teknologi khususnya di bidang kesehatan.” ujar Presiden Joko Widodo dalam Peluncuran Produk Riset, Teknologi, dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19 melalui video conference, Rabu (20/5/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Belum Ada Kebijakan Pelonggaran PSBB

Presiden mengaku bangga karena dari tangan-tangan anak bangsa mampu menghasilkan karya-karya yang sangat dibutuhkan, khususnya di masa pandemi COVID-19.

“Dari yang saya lihat kemarin saya sangat optimis, dari hal-hal yang dulunya tak pernah terpikirkan dan kita hanya impor sekarang kita bisa mandiri karena kita bisa produksi sendiri.”kata Presiden.

Presiden mengharapkan agar karya karya itu jangan berhenti di laboratorium atau hanya sebatas prototype, akan tetapi harus berlanjut dan diproduksi masal untuk memenuhi kebutuhan domestik dan juga bisa di ekspor ke mancanegara.

“Untuk itu kerjasama dan kolaborasi antar kekuatan anak bangsa harus diperkuat, lembaga-lembaga Litbang, perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri, masyarakat semuanya harus bekerjasama membangun ini.”tegas Jokowi.

“Sudah saatnya dunia industri harus berani berinvestasi, sudah saatnya masyarakat harus juga mulai mencintai produk dalam negeri dan kita harus bangga akan buatan Indonesia.”ungkap Presiden. *

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply