Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kelelahan Saat Karantina, dan Cara Mengatasinya (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Killer Innovation podcast)

Topcareer.id – Sejak virus corona menjadi pandemi global, dan terus meluas di hampir semua tempat di seluruh dunia. Peraturan lockdown untuk tetap berada di rumah pun diberlakukan oleh pemerintah demi menekan laju penyebaran Covid-19.

Banyak orang yang menjalankan aturan lockdown merasa kelelahan. Padahal, mereka tidak banyak bepergian. Kok bisa, ya?

Menurut Dr. Gail Saltz, profesor psikiatri di Rumah Sakit Presbyterian NY Weill-Cornell School of Medicine, selama berminggu-minggu, orang-orang terjerembab ke dalam mode panik akibat berita dari media tentang virus corona. Ini membuat perubahan besar dalam hidup mereka dengan ide untuk tetap bertahan hidup, bagaimanapun caranya.

Selain itu, sebagai makhluk sosial, mereka juga mengalami kehilangan kontak langsung dengan orang lain.

Mengutip verywellmind.com, Rabu (20/5/2020) berikut saran dari para ahli tentang cara mengatasi kelelahan akibat karantina.

Pahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan
Langkah pertama menuju penyembuhan, kata psikoterapis, Daryl Appleton, LMHC, ED.D., adalah dengan memahami dan mengakui perbedaan antara keinginan dan kebutuhan.

“Kita perlu memastikan bahwa kebutuhan dasar seperti makanan, air, tempat tinggal, olahraga, keselamatan, dan dukungan wajib dipenuhi sebelum kita beralih ke hal-hal yang ingin kita lakukan,” kata Appleton. Memiliki fondasi yang kuat yang berakar pada kebutuhan, dapat membuat semua perbedaan dalam memerangi kelelahan karantina.

Jelajahi keinginan kamu
Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, mulailah mengeksplorasi keinginanmu.

“Apa yang ingin saya capai?” Kamu bisa membaca buku untuk menambah wawasan intelektual kamu, atau mengembangkan keterampilan-keterampilan baru. Mulailah membuat ruang untuk pertumbuhan selama karantina, untuk membantu menghindari kehidupan sehari-hari yang monoton.

Pertahankan rutinitas
Berpegang teguh pada rutinitas penting ketika hidup dalam ketidakpastian.

Dr. Alexa Mieses, MD, seorang dokter keluarga, mengatakan pergi tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, makan makanan bergizi, dan memasukkan aktivitas fisik adalah cara sehat untuk melawan kelelahan karantina.

Ketika cuaca cerah, keluarlah dari rumah sejenak untuk mendapat sinar matahari, sambil tetap berlatih menjaga jarak sosial, ini dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply