Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Akibat Lockdown, Lukisan Van Gogh Dicuri dari Museum di Belanda

Topcareer.id – Sebuah lukisan karya maestro Belanda Vincent van Gogh telah dicuri dari Museum Singer Laren Belanda, yang saat ini ditutup untuk umum akibat lockdown karena virus corona.

Lukisan “Lentetuin”, atau “Spring Garden,” yang berasal dari tahun 1884 dan menggambarkan taman pastoran di Nuenen, telah dipinjam dari Groninger Museum.

“Saya merasa sangat marah dan sekarang saya mulai merasa sangat sedih,” kata Jan Rudolph de Lorm, direktur Museum Singer Laren, kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Dia mengimbau siapapun yang berhasil mengambil kembali lukisan itu untuk merawatnya dengan hati-hati, sehingga cepat atau lambat dapat diperlihatkan kepada publik tanpa cedera.

Baca Juga: Penjara Di Belanda Terpaksa Tutup Karena Kekurangan Penjahat

Van Gogh, yang berjuang dengan penyakit mental sepanjang hidupnya, tinggal bersama orang tuanya ketika ia melukis “Spring Garden”. Ayahnya bekerja sebagai menteri di Nuenen.

De Lorm menggambarkan lukisan tersebut, seorang wanita di taman dengan semak-semak berbunga merah dan dengan latar belakang gereja, sebagai gambar keheningan, refleksi dan ketenangan, yang tidak diragukan lagi memberinya kenyamanan dan inspirasi.

Museum, yang terletak di kota Laren di sebelah timur Amsterdam ini telah meminta pengembalian lukisan dengan cepat, dan telah menambahkan ke dalam daftar karya seni curian Interpol.

Dalam sebuah pernyataan, polisi mengatakan para pencuri telah memasuki museum dengan mendobrak pintu kacanya sekitar pukul 3.15 pagi waktu setempat. Para pelakunya hilang pada saat polisi datang memenuhi panggilan alarm museum.

Penyelidik sedang mencari rekaman keamanan dan saksi serta sedang memeriksa bukti forensik. Museum-museum di Belanda telah ditutup karena wabah virus corona sejak 12 Maret 2020 lalu. * (RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply