Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Singkirkan Gelisah saat Wawancara Kerja (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Howstuffworks)

Topcareer.id – Kamu mungkin telah mempelajari setiap pertanyaan dan cara menjawab untuk wawancara kerja. Kamu juga telah meneliti perusahaan yang kamu lamar.

Persiapan oke, kecuali satu, yaitu gelisah. Semua persiapan yang sudah kamu lakukan bisa jadi akan sia-sia jika kamu menghadapi wawancara kerja dengan perasaan cemas dan gelisah yang berlebihan.

Mengutip themuse.com, Rabu (20/5/2020), ada beberapa hal penting yang bisa kamu coba lakukan untuk menenangkan semua saraf dan perasaan gelisahmu, saat hendak melakukan wawancara kerja.

Bagian akhir dari tulisan.

Sarapan atau makan siang yang baik
Wawancara hebat dimulai dengan santapan lezat. Makanan favorit sebelum wawancara bisa membantumu merasa lebih baik. Ini juga menghindari perutmu berbunyi karena lapar saat wawancara.

Bicara pada diri sendiri sebelum wawancara
Tidaklah selalu gila untuk berbicara dengan diri sendiri. Secara ilmiah, ini terbukti bisa memotivasi diri sendiri. Ucapkanlah semua motivasi yang perlu kamu dengar. Pastikan kamu menemukan tempat yang tenang untuk melakukannya.

Telepon sahabat
Tidak ada yang lebih baik dari dorongan sahabat atau anggota keluarga. Menelpon mereka sebelum wawancara akan membuatmu merasa lebih tenang dan termotivasi.

Dengarkan musik
Dengarkan apa pun yang bisa memompa semangatmu. Baik itu podcast, motivasi, stand up comedy, dan sebagainya. Dengan cara ini, kamu bisa mengisi kepala dengan energi dan kegembiraan, bukan pikiran negatif.

Tersenyumlah
Bukan rahasia lagi. Tersenyum membuatmu lebih percaya diri, bahkan jika kamu memalsukannya. Jadi, apa salahnya mencoba?

Gunakan stres sebagai adrenalin
Kegugupan dan adrenalin sangat berkorelasi. Semakin tinggi adrenalin, maka rasa gelisah pun akan semakin memudar.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply