Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Singkirkan Gelisah saat Wawancara Kerja (Bagian 1)

Dok. Money Crasher

Topcareer.id – Kamu mungkin telah mempelajari setiap pertanyaan dan cara menjawab untuk wawancara kerja. Kamu juga telah meneliti perusahaan yang kamu lamar.

Persiapan oke, kecuali satu, yaitu gelisah. Semua persiapan yang sudah kamu lakukan bisa jadi akan sia-sia jika kamu menghadapi wawancara kerja dengan perasaan cemas dan gelisah yang berlebihan.

Mengutip themuse.com, Rabu (20/5/2020), ada beberapa hal penting yang bisa kamu coba lakukan untuk menenangkan semua saraf dan perasaan gelisahmu, saat hendak melakukan wawancara kerja.

Bagian awal dari tulisan.

Jalan-jalan
Udara segar membuat perasaan lebih rileks. Jika kamu memiliki wawancara via telepon karena aturan lockdown, cobalah berjalan-jalan terlebih dulu di sekitar blok rumah kamu. Jika kamu harus datang secara langsung, ambillah waktu sekitar lima menit sebelum memasuki gedung untuk berjalan-jalan dan menjernihkan pikiran.

Trik mental
Lakukan trik mental pamungkas untuk mengatasi segala situasi yang menekan, seperti fokus pada pikiran.

Ambil napas dalam-dalam, amati apa yang terjadi dalam tubuh, emosi, dan pikiran, dan mengapa kamu merasakannya. Lalu, lanjutkan dengan niat untuk memasukkan apa yang telah kamu amati dalam tindakanmu.

Melakukan ini mengingatkanmu bahwa kamu memiliki kekuatan untuk menghilangkan ketakutan dan keraguan, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

Bersiap untuk yang terburuk
Apa pun ketakutan terbesarmu, selalu ada jawaban untuk itu. Khawatir tentang tidak memiliki respons yang baik terhadap pertanyaan rumit? Jadilah proaktif dan pelajari cara menutupi jejak ketika tidak tahu jawabannya. Dengan berpikir ke depan, kamu akan lebih siap menghadapi hal-hal buruk yang akan terjadi.

Buat catatan sebelum wawancara
Mulailah menulis catatan semua keperluanmu untuk wawancara seperti, alamat gedung, nama manajer perekrutan, waktu wawancara, tiga hal utama yang ingin kamu sampaikan dalam wawancara, hingga pertanyaan yang ingin kamu ajukan. Baca ulang semua itu sambil menunggu waktu wawancara. Kamu akan merasa lebih percaya diri.

Rencanakan sesuatu setelah wawancara
Saat kamu gelisah dan gugup sewaktu menghadapi wawancara kerja, coba bayangkan hadiah yang akan kamu dapat. Mulai dari makanan yang enak, pijat, kencan dengan pasangan, hingga nonton Netflix. Dengan cara ini, kamu memiliki sesuatu yang luar biasa untuk dinanti-nantikan daripada dirundung kegugupan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply