Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Punya Rekan Kerja yang Selalu Cemas? Begini Cara Membantunya

Sumber foto: wrike.com

Topcareer.id – Pernahkah kamu menjumpai seorang rekan kerja yang cenderung khawatir berlebihan tentang situasi di tempat kerja? Kekhawatiran mereka didasari banyak hal, di antaranya adalah rasa takut untuk dihakimi, atau dianggap tidak layak.

Rekan kerja yang mengalami rasa cemas berlebihan cenderung melakukan hal-hal untuk menghindari situasi sosial yang memicu kecemasan, seperti berkumpul, atau memegang tanggungjawab. Ia meminimalkan interaksi demi mengurangi kecemasan yang dialaminya.

Dikutip dari laman hbrascend.org, Rabu (20/5/2020), berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan, untuk membantu rekan kerjamu mengatasi rasa cemasnya yang berlebihan.

Ciptakan ruang aman bagi rekan kerja untuk berbagi perasaan denganmu
Buat rekan kerja kamu merasa nyaman untuk membuka diri pada waktu yang tepat. Kamu bisa melakukan ini dengan mengajukan pertanyaan terbuka sederhana seperti, “Kamu tampaknya tegang dan khawatir tentang sesuatu. Apakah kamu ingin membicarakannya?”

Bersikap empatik
Cobalah untuk memahami perspektif rekan kerja kamu daripada meremehkannya. Kadang-kadang kita cenderung menawarkan jaminan dengan membuat pernyataan seperti, “Ini benar-benar tidak ada yang perlu dikhawatirkan / tidak masalah …” Sebaiknya katakan, “Ini pasti sulit …” atau “Pasti hal itu telah membuat segalanya sulit bagimu …”.

Menawarkan feedback positif yang realistis
Orang dengan kecemasan sosial sering meremehkan kinerja mereka sendiri dan membuat kesimpulan berlebihan tentang penilaian negatif orang lain terhadap mereka. Akan sangat membantu untuk memberikan feedback yang lebih objektif, realistis, dan tidak menghakimi. Sorot apa yang terbaik dan tunjukkan pada rekan kerjamu bahwa ini tidak seburuk yang mereka bayangkan.

Tunjukkan pikiran negatif mereka yang tidak realistis
Kamu juga dapat membantu dengan mengoreksi penilaian yang tidak realistis dari rekan kerjamu. Bantu mereka memfokuskan kembali perhatian mereka pada tugas daripada memikirkan hal negatif pada diri mereka sendiri.

Doronglah mereka untuk fokus pada diri sendiri, dan sarankan untuk melakukan teknik relaksasi agar bisa mengurangi kecemasan sosial.

Bersabarlah dan mulai dari yang kecil
Dorong rekan kerja untuk mengurangi situasi yang mereka takuti secara bertahap. Mereka dapat mulai dengan situasi yang lebih mudah untuk berlatih, kemudian beralih ke hal yang mungkin lebih sulit.

Misalnya, kamu bisa membantu rekan kerjamu dengan mengajaknya memulai percakapan dengan sekelompok kecil yang terdiri dari 3-4 orang, atau dorong mereka untuk memimpin presentasi di mana tekanannya tidak tinggi.

Dorong mereka untuk mencari bantuan profesional
Jika rekan kerja kamu masih saja tetap mengalami kecemasan berlebihan, yang terbaik adalah mendorong mereka untuk mencari bantuan profesional. Pendekatan yang efektif seperti terapi perilaku kognitif tersedia untuk orang dengan gangguan ini.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply