Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Bakal Ada Iklan Saat Nonton di IGTV, Pendapatan Baru untuk Influencer

IGTV Instagram. (dok. IG)

Topcareer.id – Bersiaplah akan ada yang berbeda ketika kamu menonton di IGTV. Instagram mengumumkan pada Rabu (27/5/2020) bahwa mereka akan mulai menampilkan iklan pada aplikasi video IGTV.

Lantas pendapatan dari iklan itu akan d8ibagi dengan influencer yang membuat video untuk layananan tersebut. Langkah ini menambah saluran lain pendapatan iklan dari Instagram untuk perusahaan induknya, Facebook. Diharapkan iklan di Instagram akan mampir pada sekitar 3 miliar pengguna aktif bulanannya.

Pada tahun 2019, Instagram menghasilkan sekitar USD20 miliar dalam iklan, yang merupakan lebih dari 25% dari keseluruhan pendapatan Facebook, menurut Bloomberg.

Baca juga: Instagram Permudah Cara Blokir dan Hapus Komentar Bullying

Instagram akan membagikan setidaknya 55% dari pendapatan dari iklan ini dengan pembuatnya, yang seharusnya memacu lebih banyak influencer untuk membuat materi untuk IGTV. Model bisnis ini telah terbukti menjadi hit untuk platform lain, terutama YouTube milik Google.

“Kami berkomitmen untuk menjadikan IGTV tempat yang efektif dan aman untuk beriklan, sehingga kami dapat membantu pembuat konten menghasilkan uang dan menghubungkan orang dengan produk hebat,” kata perusahaan itu dalam posting blog, dikutip dari CNBC.

Facebook meluncurkan IGTV pada Juni 2018 sebagai spin-off dari Instagram di mana pengguna dapat menonton video yang lebih lama dibuat untuk perangkat seluler. Pengguna dapat mengakses video IGTV secara langsung melalui Instagram atau aplikasi IGTV yang berdiri sendiri.

Iklan akan mulai muncul minggu depan, dan tidak lebih dari 15 detik, kata Instagram. Perusahaan akan bereksperimen dengan memformat detail, apakah itu memungkinkan pengguna untuk melewatkan iklan.

Perusahaan akan membatasi peluncuran pada awalnya untuk beberapa pengiklan dan influencer di Amerika Serikat. Instagram tidak menentukan secara pasti bagaimana pendapatan akan dibagi dengan influencer.

Baca juga: Begini Cara DM Instagram Lewat Komputer atau Laptop

Instagram juga mengumumkan bahwa mereka akan menguji memungkinkan pengguna untuk membeli “badges” virtual selama streaming langsung influencer sebagai cara untuk menunjukkan dukungan. (Layanan streaming permainan langsung Amazon, Twitch, sudah memiliki fitur serupa.)

Misalnya, badges mungkin muncul sebagai simbol hati kecil di sebelah nama seseorang. Komentar orang itu akan terlihat lebih jelas, dan influencer akan melihat daftar semua pemegang badges yang telah menyumbang kepada mereka. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply