Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Bisakah Terinfeksi Virus Corona Saat Berenang?

Ilustrasi: Lifehack.org

Topcareer.id – Meski sudah diingatkan terkait langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19 termasuk social distancing, masih saja ada warga yang nekat berlibur ramai-ramai ke pantai dan berenang dengan tenang. Yang menjadi kekhawatirannya adalah, apakah Covid-19 bisa menular saat berenang?

Kabar baiknya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kamu dapat terinfeksi virus corona di kolam, kolam air panas, taman air atau di perairan besar seperti di pantai.

Namun, tetap patuhi langkah-langkah keselamatan dan peringatan kesehatan sebelum berenang. Inilah yang harus diketahui:

Tetap harus jaga jarak 2 meter, baik di air maupun di darat

Berada di luar dan di dalam air tidak sepenuhnya bebas risiko, meskipun lebih baik tinggal di ruang yang lebih terbatas. Orang harus tetap berlatih menjaga jarak sosial yang aman ketika mereka berada di kolam renang, pantai, danau atau tempat rekreasi lainnya.

Baca Juga: Tetap Penting Ambil Libur Meski Di Rumah Saja Karena Corona

“Hindari acara kelompok, gathering, meeting, baik di dalam maupun di luar air jika tidak ada jarak sosial setidaknya 6 kaki, atau dua meter, apalagi dengan orang-orang di tempat umum yang tidak tinggal bersama akan sulit dimaintain,” saran CDC, dikutip dari HuffingtonPost.

Pengecualian untuk aturan ini hanya mencakup evakuasi darurat dan kasus di mana seseorang menyelamatkan seorang perenang yang dalam bahaya atau memberikan bantuan medis atau pertolongan pertama.

Mencuci tangan dan membersihkan permukaan tetap menjadi prioritas

CDC menyarankan bahwa kolam umum harus dilengkapi dengan banyak sabun tangan dan sanitiser untuk memudahkan pengunjung menjaga kebersihan yang baik. Semua permukaan sentuhan tinggi – seperti pegangan tangan dan kursi – juga harus didesinfeksi secara teratur.

Baca juga: Tips Liburan ala Hotel di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Jika kamu berenang di kolam renang sendiri atau kolam renang keluarga, kamu harus memastikan untuk membersihkan area tersebut secara teratur. Perawatan air yang tepat juga penting. Jumlah reguler klorin yang digunakan untuk merawat kolam harus cukup untuk menonaktifkan virus, lapor The Los Angeles Times.

Jangan pakai pelampung bersama-sama, atau peralatan lainnya

Ada kemungkinan bahwa virus dapat menyebar ketika orang yang terinfeksi, bahkan mereka yang tidak menunjukkan gejala, mengeluarkan droplets pernapasan ke permukaan dan kemudian orang lain menyentuh permukaan yang sama.

Baca Juga: Mengejutkan, Rupanya Ini Penyebab Mata Merah Saat Berenang

Sebaiknya batasi kontak jika memungkinkan, yang berarti kamu tidak sama sekali berbagi barang-barang seperti pelampung, masker, peralatan snorkeling, dan lain-lain. Bawa atau gunakan sendiri, dan pastikan untuk mendisinfeksi mereka secara teratur.

Masker wajah juga disarankan di area tertentu

Operator kolam renang dan orang-orang yang akan berada dekat dengan orang lain di luar air dianjurkan untuk memakai masker, menurut CDC. Lepas masker, begitu kamu masuk ke dalam air – berenang dengan penutup wajah seperti itu bisa membuatmu sulit bernapas. *(RW)

Leave a Reply