Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Makanan dan Minuman Enak tapi Bikin Bad Mood

Ilustrasi (dok. The Cup and the Road)

Topcareer.id – Makanan yang menyenangkan memang terdengar enak secara teori, tapi banyak dari makanan enak yang disukai masyarakat kurang kandungan nutrisi yang ideal. Ini yang kemudian membuat mereka yang mengonsumsinya menjadi bad mood atau rewel.

“Beberapa kontributor utama diet yang membuat suasana hati rendah bahkan buruk adalah terlalu banyak gula dan terlalu banyak zat tepung yang mengandung karbohidrat,” kata ahli terapi nutrisi Inggris Claudia Smith kepada HuffPost.

“Jika makan terlalu banyak dari makanan ini, kamu bisa berakhir dengan lonjakan dan crash gula darah, yang dapat menyebabkan gejala seperti suasana hati yang rendah, lekas marah, brain fog, kecemasan, kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi.”

Jadi makanan dan minuman enak apa yang sebenarnya membuat bad mood atau suasana hati kacau, berikut daftarnya, seperti dalam laman HuffPost.

Baca juga: 6 Makanan yang Bantu Hilangkan Stres

1. Alkohol

Tai Ibitoye, ahli diet yang terdaftar di Inggris mengatakan sejumlah kecil alkohol bisa baik-baik saja, dan bahkan dapat meningkatkan suasana hati. Tetapi konsumsi alkohol secara teratur atau berlebihan dapat memperburuknya.

2. Soda

Soda mengandung gula sederhana yang diserap tubuh dengan cepat, yang menyebabkan lonjakan gula diikuti oleh kelesuan yang parah. Pemanis seperti aspartam sering dikaitkan dengan kecemasan dan depresi. Satu studi 2014 menunjukkan hubungan antara minuman manis dan depresi di antara orang dewasa yang lebih tua. Air dan teh adalah alternatif minuman yang lebih baik.

3. Kafein

Ibitoye merekomendasikan minuman terbatas seperti teh dan kopi berkafein dan mengganti cangkir ekstra itu dengan versi kopi tanpa kafein. Minuman berkafein seperti kopi menyebabkan otak melepaskan dopamin dan serotonin, menurut Medical Daily. Ini baik-baik saja dalam dosis kecil, tetapi terlalu banyak dapat menyebabkan iritabilitas, agitasi dan kecemasan.

Cari tahu lebih banyak di halaman berikutnya>>

Leave a Reply