Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

10 Negara Terbaik untuk Berinvestasi di 2020 (Bagian 1)

Warga Singapura. (dok. Anadolu)

Topcareer.id – Ketika setiap negara membuka diri untuk bisnis, maka pertanyaan yang hadir adalah, negara mana yang paling baik untuk berinvestasi setelah new normal?

Untuk menentukan itu, tentu perlu mempertimbangkan kondisi ekonomi dan politik di suatu negara.

Layanan Penelitian Kongres mengklaim bahwa pandemi dapat memangkas 2% pertumbuhan ekonomi global. Bahkan JP Morgan meramalkan bahwa ada kemungkinan 60% resesi akan terjadi pada tahun 2020. Jadi jawaban untuk “di mana berinvestasi?” tidak bisa dijawab dengan pasti.

Menurut Kelompok Bank Dunia, empat faktor unik akan memotivasi seorang individu atau entitas bisnis untuk berinvestasi di suatu negara. Ini adalah sumber daya alam, pasar, efisiensi, dan aset strategis negara (seperti teknologi dan mereknya).

Berdasar laman London Post, berikut peringkat Negara Terbaik untuk Berinvestasi pada 2020 menurut sepuluh parameter yang sama-sama berbobot, yakni indeks korupsi, lingkungan pajak, stabilitas ekonomi, kebebasan wirausaha, inovasi, tenaga kerja terampil dan keahlian teknologi, infrastruktur, perlindungan investor, birokrasi, dan kualitas hidup.

Bagian pertama dari tulisan.

10. Singapura

Selain sebagai negara ke 10 terbaik untuk berinvestasi pada tahun 2020, Singapura juga merupakan negara ke 10 yang paling menarik investasi asing. Prospek ekonomi Singapura yang kuat telah membuat banyak investor sangat optimis. Lingkungan ramah bisnis kelas dunia di negara ini adalah salah satu atribut utama yang menarik investor.

9. Latvia

Latvia mengandalkan stabilitas makroekonomi dan politik serta aksesibilitas yang baik ke pasar besar dan lingkungan yang sangat ramah bisnis. Pemerintah mendorong investor dengan menawarkan berbagai keuntungan. Investor ditawarkan keuntungan biaya yang signifikan, termasuk biaya real estate, tarif pajak kompetitif, dan tenaga kerja kompetitif.

8. Vietnam

Vietnam telah memanfaatkan ketegangan perdagangan antara China dan Amerika Serikat. Sejak beberapa tahun terakhir, tetangga selatan China itu perlahan-lahan bangkit menjadi pusat manufaktur yang tangguh. Pertumbuhan ini menjadi semakin nyata ketika perusahaan multinasional seperti Samsung mulai pindah dari China ke Vietnam.

Ketersediaan banyak pelabuhan laut, ditambah dengan biaya produksi yang murah dan potongan tarif, membuat Vietnam sangat ramah bisnis. Ekonomi Vietnam sangat stabil. Negara ini tidak pernah mengalami resesi tunggal selama 20 tahun terakhir. Tapi, orang asing hanya dapat memiliki properti di Vietnam berdasarkan perjanjian prasarana.

7. Australia

Australia sangat membanggakan dengan lebih dari 25 tahun pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Ini adalah negara ke-9 dengan daya tarik FDI paling banyak pada tahun 2020. Secara utuh, ia telah berada di 10 besar selama sepuluh tahun. Negara ini tetap menjadi tujuan investasi yang sangat stabil.

6. Italia

Italia adalah salah satu negara teratas yang menarik investor pada tahun 2020. Italia telah masuk dalam daftar sejak 2002. Tingkat stabilitas ekonomi, sektor manufaktur yang kuat, dan lingkungan politik negara yang stabil menjadikannya pilihan yang baik untuk berinvestasi.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply