Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Usai Pandemi, Hotel akan Adopsi Teknologi Layanan Tanpa Kontak

Kamar hotel. (dok. Reader's Digest)

Topcareer.id – Karena physical distancing salah satu cara mencegah penyebaran Covid-19, maka ketika pandemi usai dan new normal berlangsung, industri pelayanan bakal berubah dalam banyak hal.

Hotel misalnya, sektor ini diprediksi akan mengusung solusi teknologi minim kontak agar aman dari penularan.

“Orang-orang pergi ke hotel untuk menikmati pelayanan, dan sekarang di era Covid-19, hotel perlu menemukan cara baru untuk menyediakan layanan yang sangat baik dengan interaksi manusia yang terbatas,” kata Adam Deflorian, pendiri dan CEO perusahaan teknologi perhotelan dan pemasaran AZDS Interactive Group, dikutip dari laman HuffPost.

Menurut Konrad Waliszewski, salah satu pendiri dan CEO aplikasi perjalanan TripScout, akan ada percepatan solusi teknologi swalayan di hotel.

“Layanan yang akan terjadi pada dekade berikutnya, seperti layanan mandiri dan check-in tanpa kontak, kunci mobile, check-in seluler, dan SMS/chat seluler untuk permintaan booking, akan menjadi norma bagi hotel,” kata Waliszewski.

Baca juga: Hotel Mewah Pertama Di Luar Angkasa Segera Dibuka

Kemampuan menggunakan telepon untuk membuka kunci kamar hotelmu akan menjadi game changer, seperti halnya otomatisasi dalam kamar seperti aplikasi seluler untuk menyalakan lampu, mengontrol TV, dan memesan layanan kamar.

Robb Monkman, Pendiri dan CEO React Mobile (perusahaan keamanan perhotelan), mencatat bahwa beberapa hotel bahkan dapat mengimplementasikan robot pengiriman makanan, seperti Cleo dan Leo di Hotel EMC2 Chicago.

“Setiap hotel dan properti individu akan merespons secara berbeda terhadap perubahan, tetapi beberapa hotel telah beralih ke teknologi secara besar-besaran. Pakar industri mengatakan ultraviolet, lampu dan robot pembunuh kuman, dan aplikasi pelacakan kontak, semua bisa dianut oleh industri perhotelan,”

Ia mencontohkan Westin Houston Medical Center yang sudah menggunakan robot untuk memerangi kuman, jadi ini bukan lagi fiksi ilmiah.

Baca juga: Hotel dan Kasino di Las Vegas Segera Dibuka Kembali

Meskipun penelitian terbaru menunjukkan bahwa virus corona tidak menyebar dengan mudah melalui permukaan yang terkontaminasi seperti yang diperkirakan sebelumnya, langkah-langkah ini masih berguna untuk mengurangi risiko dan membuat tamu dan karyawan merasa lebih aman.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply