Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Hal Penting dalam Bisnis Investasi

Sumber foto: Investor.id

Topcareer.id – Menginvestasikan uang mungkin merupakan salah satu cara paling efektif untuk membantu membangun kekayaan jangka panjang.

Banyaknya pilihan yang tersedia untuk berinvestasi saat ini, membuatmu tidak perlu menjadi ahli keuangan untuk menjadi sukses dalam hal itu.

Tetapi kamu jangan lupa apa yang dikatakan oleh Warren Buffet, “Risiko berasal dari tidak mengetahui apa yang kamu lakukan.” Jadi, memahami dasar-dasarnya sangatlah penting.

Seperti dikutip dari mlc.com.au, jumat (5/6/2020), untuk membantu mempersiapkan dengan lebih baik dan mengurangi risiko kamu dalam berinvestasi, berikut lima hal yang perlu dipertimbangkan sebelum berinvestasi.

Pertimbangkan strategi investasi
Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan sebelum berinvestasi adalah memiliki rencana. Ini membantumu menempatkan perspektif tidak hanya tujuan investasi, tetapi kapan dan bagaimana kamu ingin mencapainya.

Ini juga dapat membantu menghilangkan kemungkinan emosi yang mempengaruhi keputusan investasi. Investasi dapat bersifat emosional. Ada saat-saat di mana kamu merasa tergoda untuk mengubah strategi karena area portofolio kamu tidak berjalan baik atau menerima berita terbaru bahwa pasar akan anjlok.

Meskipun peristiwa ini menyebabkan kamu harus bereaksi dengan cepat, seperti menjual aset, tapi penting untuk meluangkan waktu sejenak dalam mempertimbangkan strategi investasi.

Pertimbangkan jangka waktu dan toleransi risiko
Penting untuk mempertimbangkan berapa banyak waktu yang kamu berikan pada diri sendiri dalam menuju tujuan keuangan kamu, dan seberapa besar risiko yang kamu siapkan untuk sampai ke sana. Misalnya, rencana investasi untuk masa pensiun kamu pasti terlihat sangat berbeda dengan seseorang yang jauh lebih tua atau lebih muda.

Pertimbangkan di mana menginvestasikan uang
Kamu dapat memilih untuk membagi uang kamu di berbagai kelas aset seperti saham, uang tunai dan obligasi, atau kamu dapat memilih untuk menginvestasikan uang dalam kelas aset tunggal, seperti properti perumahan.

Salah satu keuntungan utama berinvestasi di kelas aset yang berbeda, adalah kemampuan untuk mendiversifikasi risiko kamu. Ini berarti, jika salah satu investasi kamu tidak berkinerja baik, investasi kamu yang lain dapat membantu meningkatkannya.

Jika kamu berinvestasi dalam saham, penting juga untuk melampaui harga saham dan mempertimbangkan perusahaan tempat kamu membeli. Jika nilai dan tujuannya tidak sesuai dengan kamu, maka itu mungkin bukan pilihan investasi terbaik untukmu.

Pertimbangkan cara menginvestasikan uang
Ada banyak cara menginvestasikan uang, tergantung pada seberapa percaya diri kamu. Sistem dana investasi yang dikelola menawarkan manajer dana, yang nantinya akan mengelola portofolio investasi kamu. Termasuk dengan membeli dan menjual saham atas nama kamu.

Ini memberikan alternatif yang lebih mudah, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang pengelolaan portofolio-mu sehari-hari. Jika kamu berinvestasi dalam dana investasi yang dikelola, kamu harus membayar sejumlah biaya yang biasanya ditetapkan dalam Product Disclosure Statement (PDS) yang relevan.

Teliti pasar
Cobalah teliti faktor-faktor apa yang mungkin berdampak pada investasi kamu, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang tepat. Memahami apa yang terjadi di pasar, secara domestik dan global sangatlah penting, Hal ini mencakup beberapa pertumbuhan, seperti tingkat pengangguran, suku bunga, inflasi dan bahkan peristiwa politik.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply